Sate Maranggi Abah Ajun -Sate Empuk dari Purwakarta

By CERITA WINNIE BLOG - August 08, 2015





Mengunjungi kota Purwakarta tidak lengkap jika kita tidak mencicipi sate yang terkenal di kota ini namanya Sate Maranggi. Kebetulan libur lebaran kemarin, saya dan keluarga saya berencana berlibur ke kota Purwakarta dan saya pun tidak mau ketinggalan untuk mencicipi kuliner satu ini.

Agak susah juga mencari rumah makan yang menyajikan Sate Maranggi karena disepanjang jalan banyak rumah makan yang tutup mungkin karena masih libur lebaran. Sampailah saya di daerah Plered, untunglah ada satu rumah makan sate Maranggi yang masih buka. Namanya Sate Maranggi Abah Ajun.




Kami pun di sambut ramah oleh pelayan disini namanya Akanh Mumu. Pemilik dari rumah makan ini. Beliau merupakan anak dari Abah Ajun sendiri dan kami memesan sate sapi 50 tusuk.Sate yang disajikan disini ada Sate Sapi dan Sate Kambing dan juga tersedia Sop namun sayang sekali pas kami kesini daging kambing sudah habis dan sopnya pun sudah ludes juga.
Tidak perlu menunggu lama sate kami sudah siap di meja makan dan siap untuk disantap. Daging satenya sangat empuk dan rasanya gurih dan lezat sepertinya satenya sudah diberi bumbu sebelum dibakar. Untuk penyajiannya, sate ini hanya diberi bumbu kecap yang sudah tersedia dimeja dan temannya ada Nasi Timbel yang dibungkus oleh daun pisang. Harga per tusuk satenya dibandrol Rp. 1.400,- dan nasi timbelnya harganya hanya Rp. 3.000,-. Murah ya!!.

Sate Maranggi
Nasi Timbel

Rumah Makan Sate Maranggi Abah Ajun ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1997. Kalau dulu Abah Ajun sendirilah yang berjualan tapi sekarang anak-anak dari Abah Ajun yang mengelola rumah makan ini  termasuk Akang Mumu ini. Rumah Makan Sate Maranggi Abah Ajun ini juga sudah mempunyai cabang yaitu di daerah Karawang.

Akang Mumu berbaju putih sedang sibuk membalikkan sate

Untuk menemukan lokasinya tidak terlalu susah jika kita dari arah Jakarta kita bisa keluar di Gerbang Tol Sadang terus menuju ke daerah Plered. Sampai di Plered tidak jauh dari Gapura Selamat Datang Kota Plered disebelah kiri jalan ketemu spanduk Rumah Makan Sate Maranggi Abah Ajun. Rumah Makannya kecil dan berada pas di jalan raya tapi rasa masakannya tidak usah diragukan lagi kalau kata Pak Bondan "maknyossssss" hehehe :)


Enjoy my blog


Winnie

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments