10 Kegiatan Seru Yang Bisa Kamu Lakukan Saat di Palembang

By CERITA WINNIE BLOG - March 11, 2019



Palembang!! provinsi ke-6 di Pulau Sumatera yang sudah kusambangi. Pertama kali tau dapat undangan dari teman dekat yang mau merit di kota ini. Langsung antusias sejadi-jadinya, sampai excited banget cari tiket pesawat jauh-jauh hari. Dalam hati, pokoknya nanti kalau sudah sampai di Palembang, musti explore kotanya, titik.

Kalau kata orang, sambil mendayung 2 3 pulau terlampaui. Jadi disamping kondangan sekalian jalan-jalan mumpung lagi di Palembang. Akhirnya kuputuskan untuk extend satu hari dari teman-temanku yang memilih hanya tiga hari di Palemmbang.

Bisa di katakan waktu free aku hanya 2 hari 1 malam. Sempat berpikir cukup gak ya menjelajah Palembang, tapi kupikir-pikir cukup-cukupin aja lah. Yah memang akhir-akhir ini lebih suka gaya travelling yang "santai" gak ngoyo musti ambil hari banyak biar kekejar semua. Sekarang tuh kalau gak dapat semua destinasi ywda nanti kalau ada waktu balik lagi. Lebih ke arah situ sih sekarang

Dengan waktu hanya 2 hari 1 malam, enaknya kemana aja dan apa aja ya kegiatan yang bisa dilakuin selama di Palembang, yuks scroll kebawah
Musi River


#1. Makan Pempek Sampai Eneg.

Ini yang dari awal gue pikirkan sebelum berangkat dari Jakarta, gue musti banget makan pempek, bahkan sampai gue list nama pempek yang bakal gue datengi 🤪
Dan sampai-sampai aku dan temanku Agung lomba-lombaan makan pempek terus video call an pamer kalau lagi berburu pempek *sedikit norak tapi menurutku sangat berfaedah 😋

Pempek, food mandatory when you visit Palembang

Pempek di Palembang rasanya juh berbeda dengan pempek di Jakarta. Tapi berburu pempek ini aku bakal tulis di postingan selanjutnya yah.

Pokoknya makan pempek sampai eneg harus dicoba dan dilakuin ya kalau lagi di Palembang.

#2. Menikmati dan jangan lupa take a picture di Jembatan Ampera

Kalau kegiatan ini sih  must you do when in Palembang, hahaha

Ampera Bridge

Ini juga yang gue lakuin saat baru sampai di kota Palembang, jadi sampai Palembang langsung diajak jalan-jalan dan dibawa ke Jembatan Ampera saat malam hari. Dan ternyata Jembatan Ampera bagus banget kalau malam hari karena dipenuhi lampu-lampu yang cantik. Cobain yaa kalau kesana...

#3. Jalan-jalan Sore dekat Patung Ikan Belida sambil menikmati View Sungai Musi

Nah kalau ini sih lokasinya gak jauh dari Jembatan Ampera, tepatnya di sisi kanan Sungai Musi atau di Ilir. Patung Ikan Belida ini juga salah satu icon nya kota Palembang, karena Ikan Belida cuma bisa kita jumpai di Sungai Musi dan konon juga dulu orang-orang Palembang kalau bikin pempek pakai ikan belida sebagai bahan utamanya bukan ikan tenggiri. Tapi sekarang sih kebanyakan pakai ikan tenggiri.



Letaknya ada di depan Benteng Kuto Besak atau diisisi pinggir sungai Musi. Dan kalau kesini paling enak dinikmatin sore hari karena cuaca siang hari di Palembang sangatlah terik.



#4. Pesta Durian di Pasar Kuto

Gak jauh dari Kuto Besak, ada sebuah pasar dan kalau malam hari di pasar itu banyak yang jualan durian. Durian di Palembang sangat legit hampir sama yang aku cobain di Durian Ucok.



Cobain duriannya kalau lagi di Palembang, tinggal pakai google maps terus arahin ke Pasar Kuto pasti kalian bakal lihat sepanjang jalan banyak yang berjualan durian dan random aja milih tempatnya karena semuanya sama kok gak ada yang paling enak semuanya sama dan harganya bisa ditawar.

#5. Menyusuri Sungai Musi Sambil Berkunjung Ke Pulau Kemaro

Ke Palembang, bukan hanya tentang Jembatan Ampera. Ada juga neh Pulau Kemaro, pulau kecil yang ada ditengah-tengah Sungai Musi.



Pulau Kemaro ini ada kisahnya loh dan bakal aku bahas di tulisan yang lain. Dibaca yaa!

#6. Nongkrong Asyik di Dermaga Point Ampera

Kemarin di hari-hari terakhir kegiatan ini yang gue lakuin. Karena bingung mau kemana dan masih ada waktu banyak sebelun ke bandara maka gue datengi Dermaga Point Ampera.

Letaknya lagi-lagi disisi kanan Sungai Musi, gak jauh juga dari Patung Ikan Belida. Di Dermaga Point Ampera ini banyak cafe dan tempat makan, jadi bisa neh nongkrong atau ngopi di sini sambil menikmati view Sungai Ampera.


View Jembatan Ampera


#7. Mengenal sejarah Palembang dengan mengunjungi Museum Baharuddin 

Kemarin saya sempat kesini sebelum aku terbang ke Jakarta, lokasinya ada didepan persis Dermaga Point Ampera.

Museum Mahmud Baharuddin


Saya memang paling senang kalau maen ke museum karena dengan hadirnya museum saya jadi tahu kehidupan dan sejarah. Dan pas tahu ada Museum di Dermaga Point Ampera, langsung saya berkunjung ke dalam.

Harga tiket masuk museum hanya Rp. 5.000,- dan di dekat loket ada souvenir khas Palembang dan juga songket khas Palembang.

#8. Berburu Songket.

Sayangnya kegiatan ini gak aku lakuin kemarin saat di Palembang, tapi beberapa ibu-ibu yang ikut dateng ke kondangan temanku sempat mengunjungi Pasar untuk membeli songket *maklumlah bu ibu 😁

Kalau saya bisa rekomendasiin, Pasar Ilir 16 bisa kamu jadikan perburuan kamu untuk mencari songket, lokasinya gak jauh dari Jembatan Ampera, dari atas Jembatan Ampera akam terlihat Pasar Ilir 16 jadi mudah ditemukan deh tapi kesana harus hati-hati ya dengan barang berharga karena kriminilitas di Palembang hampir sama seperti di Jakarta.

#9. Nyobain LRT pertama di Indonesia

Nah kalau kegiatan ini, bisa kamu lakukan saat menuju atau dari Bandara. Kemarin saya juga begitu, menuju Bandara saya naik LRT, tapi sebelum itu lihat jadwal LRT nya dulu biar gak diuber waktu.

Interior di dalam LRT


Tarif LRT Palembang hanya Rp. 5.000,- tapi ini untuk di sekitar kota Palembang. Namun kalau ke Bandara dan dari Bandara tarifnya menjadi Rp. 10.000,- lumayan worth it lah daripada naik taksi atau taksi online bisa 2/3x lipat tarifnya.

#10. Jalan-jalan ke bagian Hulu Sungai Musi.

Jadi Sungai Musi ini membelah bagian Ilir dan Hulu di kota Palembang. Dan sebenarnya ada banyak tempat wisata yang bisa dijumpai di Bagian Hulu. Namun karena waktuku gak banyak jadi saya tidak singgah ke tempat-tempat wisata yang ada di Hulu.

Namun saya kemarin sempat diajak oleh kawan saya orang Palembang ke arah Hulu. Cuma sekedar jalan-jalan malam aja kesana tapi semoga bisa balik lagi ke Palembang dan bisa explore banyak.

Semoga yaaa...

Masih ada tulisanku tentang Palembang, tetap setia ya membacanya 😊

Selamat Jalan-Jalan


Winnie

#ngintiptripwinnie

Follow Me Here
Instagram : @winnievelia
Twitter : @winnivelia


  • Share:

You Might Also Like

5 Comments

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  2. bingung mencari situs poker online yang berkualitas?
    ini nih saya perkenalkan website bandarq terpercaya yaitu bebasqq
    dengan hanya menggunakan 1 id bisa memainkan 8 permainan sekaligus yaitu :
    -aduq
    -bandarq
    -sakong
    -poker
    -bandarpoker
    -dominoqq
    -bandar66
    -capsa susun

    *minimal deposit 20 ribu
    *minimal withdraw 20 ribu
    *bonus rollingan yang mencapai 0,5%
    *bonus refferal 20%
    *persentasi kemenangan yang sangat tinggi
    *dilayani oleh cs yang baik dan ramah
    *proses deposit dan withdraw dibawah 1 menit.

    untuk nomor wa bisa hubungi : +6285381564626 ya
    agen domino teraman dan terpercaya

    ReplyDelete
  3. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete
  4. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  5. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete