Cara Menuju ke Melaka dari KLIA2 dan Kuala Lumpur [KL Trip]

By CERITA WINNIE BLOG - November 03, 2019



Sebenarnya postingan ini udah basi banget di timeline google tentang gimana caranya untuk sampai di Melaka tapi aku mau kasih dua versi caranya untuk sampai di Melaka yaitu dari Bandara KLIA2 dan dari pusat kuala lumpur dan aku juga akan membahas cara membeli tiket di Melaka Sentral untuk menuju Kuala Lumpur.

 Oke langsung aja yaak..

KUALA LUMPUR – MELAKA

Kalau kamu sudah keburu ambil penginapan di Kuala Lumpur tapi kamu ingin ke kota Melaka, kamu bisa banget ke kota Melaka dalam waktu satu hari menjelajah tanpa menginap. Karena perjalanan Kuala Lumpur ke Melaka itu memakan waktu 2 jam perjalanan maka kamu bisa pergi pagi-pagi dan balik lagi ke Kuala Lumpur sore hari.

Caranya : Pertama, kalian musti ke stasiun BTS (Bandar Tasik Selatan) untuk menggunakan bus menuju Melaka. Untuk sampai ke BTS  ada 2 pilihan kereta  dari KL Sentral (stasiun besar di pusat kota Kuala Lumpur) yaitu :
1.  kamu bisa naik kereta cepat bandara yaitu namanya KLIA Transit biayanya 6,5RM, atau
2.  naik KTM Komuter yang ke arah Seremban lalu turun di stasiun BTS biayanya 6RM. Kalau KTM Komuter lebih lama menunggunya dan banyak berhentinya - aku kemarin naik ini sih dan lumayan menunggunya lama.

Loket KTM Komuter di stasiun BTS
 
tiket KTM Komuter


Setelah sudah sampai di stasiun BTS, kamu akan berjalan menuju conecting bridge untuk menuju Terminal Bersepadu Selatan (TBS). Di situ nanti akan banyak loket-loket bus untuk menuju Melaka. 



tempat menunggu kereta KTM Komuter di stasiun BTS

menuju connecting bridge (image by google)
Pilihan operator busnya banyak disini ada Transnasional, Mayangsari, Kejora Express, Delima, KKKLExpress dan masih banyak lagi yang bisa kamu pilih tinggal pilih jam keberangkatannya aja.


Harganya bervariatif dimulai dari 10RM s/d 18RM (dewasa) tergantung operator busnya.
   
KLIA2 – MELAKA

Namun jika kamu dari Bandara KLIA2 langsung mau menuju Melaka, bisa juga guys. Seperti aku kemarin, aku langsung aja dari Bandara KLIA2 menuju Melaka karena aku akan menginap semalam di Melaka.

Caranya bagaimana : pertama-tama, kamu setelah keluar dari pos imigrasi dan bagian custom. Kamu harus mencari petunjuk yang arahnya Teksi & Bus. Lokasinya di lantai paling bawah sekali jadi kamu harus turun menggunakan eskalator lalu ke arah sebelah kiri khusus pembelian tiket bus ke luar kota Kuala Lumpur. Dan di loket tinggal sebutin mau kemana dan jam berapa kamu akan berangkatnya. Setelah dapat tiket nya, kamu keluar dan menunggu di tempat pemberhentian bus. Tinggal menunggu deh bus nya di tempat pemberhentian bus.

loket pembelian tiket bus ke Melaka di KLIA2 (source image by google)

Star Mart Express 




Perjalanan dari Bandara KLIA2 ke Melaka ditempuh 2,5 jam sedikit lebih lama dari TBS. Untuk jam-jamnya keberangkatan bus tenang aja banyak dan sampai jam 12 malam juga ada. Dan ada 2 operator bus saja jika mau ke Melaka yaitu Star Mart Express dan Transnasional. 

Aku kemarin naik Star Mart Express, Review bus Star Mart Express itu nyaman, space untuk kaki luas jadi no pegal-pegal club ya, dan supirnya nggak ugal-ugalan bawa kendaraan. Harga tiketnya 24,30RM

Namun kalau ingin beli tiket bus secara online bisa klik link https://my.busonlineticket.com/


Kalau tadi aku membahas cara menuju ke Melaka dari KLIA2 dan dari Kuala Lumpur, maka aku sekalian bahas cara menuju ke Kuala Lumpur dari Melaka (jadi arah baliknya biar sah bolak balik)

MELAKA SENTRAL - Kuala Lumpur

Kalau di Kuala Lumpur terminalnya namanya Terminal Bersepadu Selatan maka Melaka namanya Melaka Sentral. Dari hotel kalian bisa naik Grab untuk menuju Melaka Sentral untuk ukuran harga Grab disini masih murah paling jauh harganya 6RM, tapi kalau mau naik bus lokal juga bisa namanya Bus Panorama Melaka (tinggal lihat halte-halte pemberhentiannya aja)

Karena kemarin aku beli tiket bus dari Melaka - Kuala Lumpur on the spot dan belinya last minute jadi aku akan share berdasarkan based on my experience.

Langkah pertama : Kamu harus mencari loket bus terlebih dahulu di Melaka Sentral, cukup ikutin  papan petunjuk yang ada tulisan Bas Antara Negeri lalu akan menemukan jejeran vending machine yang dimana kalian bisa membeli tiket bus di vending machine tersebut.

jejeran vending machine untuk beli tiket bus ke kuala lumpur (image by www.sinarharian.com.my)


Setelah itu kamu bisa membeli tiket lewat vending machine ikutin petunjuk di dalam vencing machinenya cara membeli tiket busnya, setelah itu masuk ke Lobi Perlepasan (Departure Lobby) dan di dalamnya sudah tersedia ruang tunggu. Di ruang tunggu tinggal menunggu bus nya saja nanti akan diumumkan bus yang sudah datang.

Aku kemarin dapat bus Kejora Express dengan harga 8RM dan asuransi 1,15RM jadi total 9,15RM. Lumayan murah kan!



setelah tiket tercetak maka masuk gate ini
boarding roomnya di Melaka Sentral

arrived in TBS
Sudah tertarikkah untuk pergi menuju kota Melaka? Mau menginap di Melaka atau cuma one day trip di Melaka bisa banget. Jika ada yang mau ditanya boleh comment aja atau email juga boleh ☺



Selamat Jalan-jalan


Winnie


  • Share:

You Might Also Like

4 Comments

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  3. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete