Menghabiskan Satu Malam di Johor Bahru ? Coba Intip Itinerary dan Ada Rincian Budget (KL Trip Part #1)

By CERITA WINNIE BLOG - July 09, 2018

Greetings from Johor 

Setelah tiga tahun belakangan ini, gue vakum buat travelling ke luar negeri biasanya kalau travelling ya paling eksplore sekitaran Indonesia aja. Dan kemarin akhirnya, gue mencoba travelling keluar negeri lagi.

Malaysia adalah negara yang memang sangat dekat dengan Indonesia maka gak heran orang Indonesia sangat suka travelling ke negara ini. Selain dekat jaraknya, negara ini banyak kesamaannya mulai dari makanannya, bahasanya, dan yang pasti travelling kesini biaya hidup sedikit lebih murah. Dan first stop gue bersama dua teman gue adalah Johor, Malaysia.

Johor, Malaysia ini bisa dibilang kota kecil yang letaknya berdekatan dengan negara Singapore. Dan kemarin gue cuma punya waktu satu hari di Johor dan waktu satu hari ini gue manfaatkan benar-benar eksplore Johor. Kira-kira enaknya kemana aja ya selama di Johor? Cek yuks : 


1. Persiapan Saat di Jakarta,

Pertama, kalau mau jalan-jalan yang pasti yang harus dibeli tiket pesawat, gue mau share tiket pesawat gue dari Jakarta - Johor gue dapat 500rb naik Malaysia Airline include meal, bagagge 30kg dari Johor - KL dapat AirAsia 250rb no bagagge & meals. Dan balik dari KL - Jakarta biaya 200rb naik airasia no baggage & meals. Tapi kalau tiket pesawat kamu bisa dapatin lebih murah lagi dari tiket gue asal rajin lihat promo tiket.




Yang kedua, yang harus dipersiapkan jika mau berpergian ke luar negeri adalah Pasport. Pembuatan pasport bisa dilakukan di kantor imigrasi di Jakarta atau beberapa kota liannya. Pasport ini merupakan identitas kita selama di luar negeri dan ini wajib punya ya. Tapi jika sudah punya pastikan Pasport kita masih lama expired, masa expired itu biasanya 6 bulan sebelum tanggal expired.

Jika sudah mempunyai Pasport kamu sudah bisa deh travelling ke luar negeri termasuk ke Malaysia.

Ketiga, persiapan keberangkatan adalah mata uang ringgit malaysia bisa dituker di money changer, karena katanya kehidupan di Malaysia itu murah, jadi kemarin gue tuker hanya 700ringgit, tapi selain itu gue bawa beberapa rupiah buat jaga-jaga siapa tau aja gue kekurangan ringgit disana.

Keempat, yang pasti adaptor atau colokan luar negeri (ini penting banget sih) menurut gue, karena tiap negara beda-beda colokannya. Kalau ini bisa cek di situs belanja online gitu. dan jangan lupa bawa colokan yang punya terminal ganda karena biasanya di hotel colokannya cuma sedikit.

Kelima, gue book hotel biasanya gue book lewat situs online. Selain mudah dan cepat gue bisa baca juga review dari beberapa orang yang sudah menginap.

Keenam, dan yang paling terakhir gue persiapkan adalah baca-baca dulu di blog orang tentang tempat yang mau gue kunjungi biar disana sudah mempunyai bayangan seperti apa yang gue bakal lakukan disana.

Kalau tadi udah gue share apa aja yang harus dipersiapkan, and let's fly

***

2. BANDARA SENAI INTERNATIONAL AIRPORT

Pukul 12.10 (waktu Malaysia) pesawat kami mendarat. And I'm now in Johor,

Tulisan "Welcome to Johor Bahru" pun sudah terlihat di Bandara Senai International Airport. Hal pertama yang harus dilakukan saat sudah sampai di Bandara adalah pergi ke bagian Imigrasi untuk pengecekan passport dan "cap" passport sebagai bukti kita sudah diterima di negara Malaysia. Jika sudah beres dan passpor sudah di cap maka let's explore Johor.

Setelah itu, lanjut kita bingung mau naik apa kita menuju hotel. Rencananya kita mau check in dulu sekaligus taruh koper, baru lanjut melakukan perjalanan lagi. Dan dari Bandara ada tiga pilihan untuk kita sampai di hotel yaitu bus, taksi, atau taksi online. Tapi karena kesepakatan bersama, kita sepakat naik taksi online saja untuk sampai hotel.

3. BELI SIMCARD

Tapi sebelum order taksi online, kita musti beli sim card dan paket data untuk cek GPS dan order taksi onlinenya. Dan kemarin diantara sekian banyak stand provider yang ada di Bandara, menurut gue yang paling murah provider Digi dengan harga 20RM selama 7days dan dapat 9GB.




4. NYOBAIN GRABCAR DI JOHOR BAHRU, murah dan nyaman banget!



Setelah urusan sim card selesai, kami pun mencoba menggunakan aplikasi GrabCar kalau kalian punya aplikasi Grab boleh neh mencoba taksi online di negara lain. sekali-kali boleh donk ya. Cek harga di aplikasi Grab ternyata murah juga harga ongkos dari bandara menuju ke hotel cuma 30RM itupun musti di bagi 3 lagi karena kami bertiga. Jadi per orang cuma 10RM. Yah lumayan murah dan nyaman juga tinggal duduk terus dianter sampai depan Hotel.

5. HOTEL NEW BOUTIQUE, JB SENTRAL

Dan finally gue sampai hotel, gue menginap di Hotel New Boutique cuma semalam aja karena besok gue sudah musti berpindah ke Kuala Lumpur.

Harga per malamnya 400rb (rate rupiah) dan 10RM untuk pajak biasanya akan dikenakan saat kita melakukan check in di receptionist.

6. MENGHABISKAN WAKTU DI LEGOLAND & JOHOR PREMIUM OUTLET

Karena di Johor memang gak terlalu banyak destinasi yang bisa dikunjungi dan gue sempat cari info wisata apa saja yang ada di Johor cuma ada yang terkenal adalah "Legoland, Hello Kitty" maka tujuan pertama kami adalah "Legoland Malaysia" rencananya nanti disana pengen foto didepan tulisan "Legoland Malaysia"

Yah gak sah ya kalau kita ke Johor nggak mengunjungi Legoland minimal foto di depannya juga gak papa. Kenapa gue nggak masuk ke dalam? Karena sejujurnya tiket masuk ke Legoland mahal cyinn. Sedih ya!

Udah sah belum!

Oia dari Hotel ke Legoland, gue naik GrabCar dengan harga 30RM dan kami sudah sampai di Legoland, kita cuma foto-foto duank terus balik deh. Cek foto dibawah ya hasil jepretan kita, hehe

Tujuan keduanya, kita ke Johor Premium Outlet dari Legoland tadi menuju JPO kita naik GrabCar dengan harga 33RM. Johor Premium Outlet ini banyak toko-toko branded gitu mulai dari Gucci, Fosil, VnC, Coach, CharlesnKeith, dan masih banyak lagi deh outlet branded lainnya.

Kalau kesini musti inget dompet soalnya harga yang ditawarin rata-rata diskon semuanya, lebih murah dari harga di mall apalagi mall Indonesia. Musti inget dompet kalau gini. Overall, sepanjgan gue mengitari Johor Premium Outlet ini, gue gak beli donk barang satupun.. hahaha maklumlah traveller kere :))




7. NYOBAIN BIS JOHOR, nyaman dan sangat murah sekali!

Pulang dari Johor Premoium Outlet kita bali lagi ke Hotel dan naik bis (akhirnya nyobain transportasi umum di Johor) dengan biaya 4RM (mursida cyinnn), bis nya nyaman banget, ber-AC, gak ugal-ugalan kaya kopaja atau metromini di Jakrta.


8. MENGHABISKAN WAKTU MALAM DI JB SENTRAL

Sampai di Hotel, karena masih sore dan perut sudah keroncongan jadi gue dan dua teman gue mau kulineran di dekat hotel aja. Hotel yang gue tempatin sekarang memang strategis banget dekat dengan JB Sentral dan di dekat hotel sepanjang jalan ada restoran dan juga ada jajanan street food gitu. Jadi agak gampang buat cari makan.

Lagi jalan-jalan tiba-tiba mata tertarik sama minuman berwarna kuning dan terlihat segar cocok banget sama cuaca Johor yang sedikit terik walau sudah sore. namanya "sweet corn drink" harga 3RM. Pas nyobain enak dan segar banget..

Nggak berapa lama, gue mau makan berat alias makan malam dan gue memilih tempat lupa nama restorannya tapi tempat makan chinesse food gitu. Tapi makanannya halal kok ada sertifikatnya soalnya teman trip gue ini memang ada yang muslim jadi kami sedikit lebih memilih tempat makan. Gue pesen nasi goreng thailand dan teman gue yang muslim memilih nasi hainan.

Sweet corn drink yang enak banget


nasi goreng thailand














































Untuk makan malam ini gue kasih nilai 7/10 yah lumayan enak tapi gak enak-enak banget.. Dan setelah perut keroncongan kita pun lanjut nge-mall di JB Sentral. Lokasinya gak jauh dari tempat makan kita dan hotel (pastinya) cuma jalan 5 meter doank.

Ringkasan budget selama di Johor, gue mulai dari pertama kali sampai di Bandara ya ;
a.  Naik GrabCar Bandara - Hotel 10RM per orang
b. Pajak hotel 10RM dibagi 3 jadinya 3.3RM per orang

c. Naik GrabCar Hotel - Legoland 10RM per orang
d. Naik GrabCar Legoland - Johor Premiium Outlet 11RM per orang

e. Naik Bis Johor Premium Outlet - JB Sentral (Hotel) 4RM per orang 
f. Beli minuman sweet corn drink 3RM
g. Makan di JB Sentral 8RM plus minuman kopi "C" hot 2.5RM
h. Keesokan hari, Naik GrabCar Hotel - Bandara 10RM 
i. Sarapan pagi di Bandara, makan Subway promo breakfast cuma habis 2.5RM 

Total ringgit 64RM, dan kira-kira kalau dirupiahkan sekitar 228rb sudah bisa eksplore seharian di Johor

***

Gimana udah punya gambarannya berapa budget yang musti kamu keluarin di Johor, yuks travelling! 😉


Follow Me On

Instagram : @winnievelia
Facebook : winnie_velia

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments