PENGALAMAN PERTAMA SOLO TRIP KE SEMARANG + TIPSNYA

By CERITA WINNIE BLOG - August 23, 2019

Keinginan untuk solo trip dari dulu sudah pengen banget gue lakukan tapi selalu gak ada keberanian. Selalu ragu untuk memulai, takut ini takut itu, ada aja yang buat jadi mundur. Apalagi gue itu kan perempuan, pasti mikir nanti ketemu orang jahat gimana donk. Dan ujung-ujungnya gak jadi.

Sebenarnya apa-apa yang dilakukan sendiri, gue udah terbiasa  di Jakarta apalagi sekedar hanya jalan di mal atau misalnya keliling kota jakarta, kalau teman-teman ku pada gak bisa aku terkadang lebih suka jalan sendirian. Yah aku bisa melakukan itu semua di Jakarta, ku pikir kenapa gak dicoba di luar Jakarta sekalian kelayapan di kota orang gitu. Nah dari situ aku ada ide gila ini.

Mungkin dulu aku sempat berpikir solo trip itu gak ada enak-enaknya?  Lebih banyak gak enaknya malah. Contohnya :

1. Gak ada yang bisa di mintain tolong misalnya gak ada yang fotoin, siapa yang gak suka foto sih kalau sudah di tempat baru apalagi tempat wisata. Aku pun suka banget dan menurutku sayang aja kalau sudah sampai sana terus gak bisa foto yang ada gue-nya, tapi jaman sekarang jaman serba ada, ini udah bukan jadi masalah dalam solo trip lagi karena sudah ada TRIPOD, Yas sahabat kaki tiga ini sangat berperan penting buat para solo trip.

2. Gak bisa sharing budget, kemarin juga sempat menjadi kendala buatku. Tapi aku Cuma meyakinkan diriku kalau budget tinggal pintar-pintar mengaturnya aja pasti ada jalannya jadi uang gak ngalir aja gitu keluar.

3. Kalau kesasar, gak ada teman buat nyasar bareng, wah ini juga sempat menjadi ketakutan buatku sih. Sempat berpikir nanti kalau aku tiba-tiba kesasar terus gak ngerti pulang alhasil jadi gak bisa balik ke hotel terus gimana ya. Tapi kupikir kan sekarang udah ada google maps dan rata-rata selama ini aku selalu aman-aman aja jalan pake google maps. Di Jakarta aja kalau ke tempat yang belum pernah aku datengi juga pake google maps dan selalu aman-aman aja. Yang penting jangan malu bertanya dan jangan pulang kemalaman aja jadi masih banyak orang-orang yang bisa dimintain tolong. Kan kalau kemalaman biasanya yang keluar orang-orang yang berniat jahat. Hehehe

Tapi dari ketiga ketakutan itu, Puji Tuhan gak ada sama sekali aku rasakan saat solo trip kemarin malah banyak kejutan-kejutan yang bikin aku gak menyangka.

Kenapa kota Semarang yang aku pilih untuk solo trip aku ini, alasannya adalah :

1. Kota Semarang adalah salah satu kota provinsi yang belum pernah aku jelajahi. Bandung aku uda sering, Jogja juga sudah sering, Surabaya sudah pernah sekali. Dan Semarang sama sekali belum pernah aku jelajahi. Dan lokasinya juga gak terlalu jauh dari ibukota.

2. Berkeinginan besar mengunjungi daerah wisata yang terkenal wisata dengan kolam renang alaminya, itu salah satu alasanku yang dari dulu cuma bisa mupeng liat feed instagram beberapa teman yang berenang di kolam air alami yang ada di Ungaran.

-UMBUL SIDOMUKTI- salah satu tempat wisata yang menjadi wishlist saat nanti ke Semarang

3. Biaya hidup di kota Semarang gak mahal-mahal banget. Aku sempat cari info lewat teman-temanku yang sudah pernah ke kota Semarang, mereka juga bilang biaya hidup disana hampir mirip dengan Jogja. Jadi kalaupun saya solo trip dan gak bisa share budget tapi gak bikin aku jadi kanker (alias kantong kering) setelah balik dari liburan.

4. Untuk transportasi di kota Semarang sudah terakses dengan transportasi online, hehe ini penting juga sih bagi aku ya. Soalnya aku kan gak bisa bawa kendaraan, motor aja gak bisa apalagi mobil maka aku lebih ketergantungan dengan transportasi online dan transportasi umum atau paling better jalan kaki.

Nah dari empat alasan itu aku NEKAT beli tiket kereta api ke Semarang. Dan ku pikir KUNCINYA  ADALAH RESEARCH, RESEARCH, DAN RESEARCH tentang KOTA SEMARANG.

Dari hasil research itulah aku jadi bisa meraba-raba tentang perjalanan solo trip ku akan seperti apa.

Dari mulai penginapan, kutemukan hotel tapi menyediakan single room dengan guest 1 orang tapi aku dapat private bathroom. Dan aku enjoy dengan lokasi hotelnya yang nggak jauh dari Lawang Sewu, Kota Lama dan nyebrang dikit Mal Paragon lumayan kan kalau kelaparan bisa nyebrang aja cari makan di Mal. Untuk harga juga gak mahal kok penginapan seperti ini, apalagi aku kemarin memang ingin low budget untuk trip Semarang, aku dapat harga untuk penginapan 400rb untuk 2 malam.

Tapi kalau kalian mau mencari penginapan yang lebih murah banyak bertebaran hotel kapsul di Kota Semarang dimulai dengan harga 50rb – 100rb, selain bisa lebih murah siapa tau kalian bisa dapat teman backpackeran juga J tapi lihat reviewnya juga ya.  Aku kemarin kurang tertarik dengan hotel kapsul, kenapa? Karena rata-rata kemarin aku lihat reviewnya di google dan situs penginapan, antara room perempuan dan laki-laki ada beberapa digabungin jadi kan gak lebih privasi dan ngeri diapa-apain pas malam-malam gitu.

Tiap pagi buka jendela kamar selalu bisa lihat Sunrise

Browsing di Google, kuliner paling enak di Semarang adalah "Mie Kopyok Pak Dhuwur", and guess ternyata lokasinya cuma berjarak 100 meter dari Hotelku, How lucky am I?

Selain PENGINAPAN, aku juga coba research tempat wisata. Aku tuh kemarin tertarik banget ke daerah Bandungan tepatnya Umbul Sidomukti letaknya satu jam dari Kota Semarang. Aku research untuk menuju kesana rata-rata mereka (para traveller) biasanya sewa motor atau mobil terus aku berpikir gimana aku yang gak bisa bawa kendaraan sama sekali. Aku cari cara gimana ya biar sampai sana akhirnya ku dapat rekomendasi dari temanku yang dulu pernah tinggal di Semarang, dan dia kasih nomor telepon abang grab yang bisa anter aku keliling Bandungan. Dan di hari kedua akhirnya ku bisa jalan-jalan ke daerah Bandungan. Yeayy, I did it!

Tips untuk para wanita yang ingin solo trip :

1. RESEARCH TEMPAT TUJUAN YANG MAU KAMU DATANGIN.

Ini penting shay, buat kita yang mau solo trip jangan malas buat mencari tahu dan bertanya ke orang-orang yang mungkin sudah pernah datang ke tempat yang ingin kamu SOLO TRIP. Supaya apa yang kamu butuhkan bisa kamu dapatkan sebelum berangkat dan disananya gak kebingungan sendiri.

2. Jangan pernah malu untuk bertanya dan kenalan pada orang baru.

Aku kemarin merasa beruntung banget sih kemarin di Semarang aku pure dipertemukan dengan orang-orang baik padahal aku baru kenal dengan mereka.

Dari kenal abang Grab yang baik banget antar aku sampai ke tempat wisata di Kaki Gunung Ungaran dari pagi sampai sore, Puji Tuhan abang Grab nya gak lelah buat anterin aku sampai menemani masuk dalam tempat wisata.

Nambah speechless nya lagi saya ketemu teman-teman baru di Semarang dan mereka tidak segan ajak aku keliling kuliner malam di Pasar Semawis. Wuih rasanya double bonusnya kalau "Solo Trip" yaitu NAMBAH PENGALAMAN, NAMBAH TEMAN BARU.

Ketemu empat cewe asal Semarang yang baru dikenal -Indahnya kalau punya teman baru-

Solo Trip jadi gak terasa sendirian karena didekatkan dengan orang-orang baik.

3. Harus percaya dengan keputusan sendiri

Aku kemarin sempat sedikit ragu dengan omongan teman-teman yang mungkin belum merasakan/melakukan solo trip, mereka sempat mengutarakan kata-kata yang menyebutkan "nanti kalau lu tiba-tiba ketemu orang jahat disana terus diapa-apain, gimana" sempat tuh mundur dan akhirnya jadi wacana lagi buat solo trip. Tapi kemarin sempat ada yang bisikkin juga *lebay dikit, LOL maka akhirnya nekatlah yang memjadikan saya bersolo trip.

4. JANGAN LUPA SELALU MENGABARKAN ORANG-ORANG TERDEKAT KITA YANG ADA DI RUMAH

Aku kemarin hampir setiap hari aku kabarin kalau aku akan kesini, menurutku ini penting supaya orang tua kita percaya kepada kita kalau kita gak kenapa-kenapa dan kalau pun ada sesuatu  yang terjadi dengan kita, orang tua kita tahunya kita terakhir berkomunikasi itu dimana. Jadi mereka gak kuatir dan kita pun selamat karena selalu didoakan dalam perjalanan.

Foto hasil ngandelin TRIPOD. Loc: Sam Poo Kong, Semarang
dan aku nagih untuk bersolo trip lagi!! Sampai ketemu di postingan solo tripku selanjutnya

Seperti itulah tips dari aku kalau ada yang mau menambahkan boleh comment ya siapa tau bisa jadi inspirasi buat aku. Untuk para ladies jangan pernah takut untuk bersolo trip karena solo trip itu asyik. 🤘

Terima Kasih Semarang sudah menjadi bagian dari solo tripku.