Icip-icip Makanan Khas Malaysia, yang mana yang sudah kamu coba?

By CERITA WINNIE BLOG - November 25, 2018



Negara Malaysia menurutku negara yang punya segudang kuliner yang musti banget gue coba. Dari awal sebelum berangkat ke Malaysia, gue udah punya list makanan yang wajib gue harus coba biar kalau sampai disana, gue gak ngerasa bersalah kenapa gue kemarin gak makan ini ya atau itu yah, hehehe

Mungkin ada banyak beberapa makanan/minuman yang musti dicoba tapi 6 makanan/minuman ini sih yang wajib banget sih. Oke langsung saja biar gak lama-lama.

#1 Nasi Lemak




Makanan satu ini sih wajib banget dicoba karena ini merupakan makanan otentik dari negara Malaysia. Nasi Lemak ini masih merupakan masakan peranakan Melayu. Maka gak heran di Indonesia juga ada, biasa kita jumpai di sekitar Sumatera, misalnya kemarin saat saya menjelajah kota Bintan, saya menemukan makanan ini disana.



Nasi Lemak Malaysia berupa nasi yang dimasak dengan menggunakan santan sehingga rasa nasi ini sendiri sudah terasa gurih dan lauknya biasanya ikan bilis atau ikan teri dan kacang yang dioseng, dan biasanya dikasih ayam rendang, telur rebus dan timun sebagai pelengkapnya.


Harganya berkisar ya antara 3RM - 6RM.

#2 Nasi Briyani



Kalau tadi peranakan Melayu, kalau makanan satu ini berasal dari Asia bagian Selatan yaitu India. Namanya Nasi Briyani, karena Malaysia sangat banyak penduduknya yang berasa dari India maka masakannya juga ada yang berasal dari India salah satunya ini.

Nasi Briyani ini terdiri dari nasi khas India (nasi basmati) diberi daging, ikan, telur, sayuran dan ditambah rempah-rempah khas India yaitu ghee, pala, bunga pala, jintan, kapulaga, daun mint, bawang bombay. Untuk rasa, nasi biryani sangat strong untuk rasa rempahnya. Mirip nasi kebuli tapi ini lebih terasa rempah-rempahnya.

Nasi Biryani bisa kamu temui dimall atau restoran India di Malaysia, kalau aku kemarin makan di restoran India pas dibelakang Farenheit, Bukit Bintang.

Harga per porsi 12RM (agak mahal sih tapi worth it rasanya)

#3 Roti Sardin





Yang ini camilan wajib sih yang harus dicoba saat ke Malaysia, eit eit tapi bagiku ini sih bukan camilan karena porsinya sedikit mengenyangkan :)) , lokasinya masih satu area dengan restoran India tempat aku makan Nasi Biryani. Tapi ini aku pilih pelengkap makananku selain Nasi Biryani, yaitu Roti Sardin.

Roti Sardin ini perawakannya mirip seperti Roti Canai yang biasa gue jumpai di Medan tapi yang membedakannya isian didalamnya yaitu ikan sardin yang sudah disui-suir.

Harga per porsinya kemarin aku beli 2.5RM

#4 Wantan Mee



Nah kalau kemarin gue ada kuliner malam di Jalan Alor, gue kemarin coba Wantan Mee di Restoran Sai Woo. Aku kemarin coba yang Dry Wantan Mee jadi tekstur mie nya kering di kasih kecap jadi rasanya sedikit manis ditambah daging babi sebagai pelengkap, pangsit rebus dan sayuran.

Wantan Mee ini merupakan hidangan mie kanton. Harganya per porsi 9RM.

Jangan lupa minumannya Es Milo dengan harga 3.25RM

#5 Kopi Old Town 





Kalau abis makan Nasi Lemak paling enak lanjut ngopi, Malaysia juga terkenal dengan kopi jadulnya. Sekarang mah udah banyak kedai kopi tapi aku paling suka dari dulu ngopi di Old Town Coffee, biasanya gue pesan yang warna Hijau yaitu White Coffee Hazelnut. Harganya 2,5RM.

Dan minuman ini ada dalam bentuk sachetnya jadi bisa kamu bawa buat oleh-oleh. Harga per bungkus isi 15sachet biasanya 14RM.

#6 Air Mata Kucing

Jangan salah fokus sama penjualnya ya 😉

Dari namanya sedikit geli yah.. gue pun awalnya kok aneh ya itu nama dan penasaran banget mau nyobain. Ini sih minuman yang gue jumpai di Petaling Street (biasa dikenal Chinatown Malaysia). Dan pertama kali coba, eh rasanya seperti Lo Han Kuo yang rasa dingin, hehe.

Dan tepat dibawahnya ada dua buah  daging lengkeng. Ternyata setelah saya searching nama lengkeng di negara Malaysia adalah Air Mata Kucing. 

Harganya bervariasi : 
Sejuk =>    2RM.    (Dingin, dengan es batu)
                   2.5RM (Dingin, tanpa es batu)
Hangat => 2RM


Mana neh yang kamu sudah coba dari list daftar makanan yang sudah aku share. Coba donk dicomment 😁

Happy Travelling and Happy Icip-Icip


Winnie Velia


  • Share:

You Might Also Like

0 Comments