Panduan Apply Visa Jepang Tanpa Ribet dan Tanpa Harus ke Kedutaan!

By CERITA WINNIE BLOG - December 14, 2018



Sebelum gue buat tulisan tentang perjalanan selama menjelajah Tokyo, kayanya lebih afdol kalau gue bahas tentang bagaimana cara apply visa jepang.

Siapa sih yang gak suka negara Jepang sih! Jepang sendiri adalah tujuan negara favorit yang sekarang ini sedang dilirik oleh para wisatawan terutama wisatawan dari Indonesia termasuk saya, hehe. Namun sebelum pergi traveling ke negara Sakura, kita musti punya visa jepang.



Visa Waiver dan Visa Biasa

Ada dua tipe visa Jepang dan itu tergantung passport yang kamu punya ya. Kalau E-Passpport menggunakan Visa Waiver sedangkan Passport biasa menggunakan Visa Biasa. Perbedaannya adalah ijin lama tinggal di Jepang, biaya pengurusannya dan syarat dokumen sedikit berbeda.

Well, karena aku punyanya Passport biasa maka aku hanya bisa menggunakan Visa Biasa. Sempat bertanya dengan beberapa teman yang lebih dulu mengurus Visa Jepang, ada beberapa berkata "ganti aja passport jadi E-Passport biar mudah diapprove sama kedutaan" lah wong aku baru perpanjangan passport 2 bulan yang lalu masa langsung ganti dengan mengeluarkan biaya lagi. Aku sempat cari-cari di internet bagaimana caranya aku bisa apply visa biasa yang tanpa ribet dan kalau bisa gak usah bolak balik urus ini itu. Dan ku temukan cara yang mudah dan praktis, yaitu aku memakai jasa travel agent untuk pembuatan visa.



URUS VISA DENGAN JASA TRAVEL AGENT! Why Not!

Menurutku menggunakan jasa travel agent untuk pembuatan Visa Jepang itu tergantung kebutuhan kita masing-masing sih. Tapi untuk aku yang gak punya banyak waktu, aku serasa menemukan jalan pintas yang menurutku sangat menolong. 

Dimana kalau menggunakan Jasa Travel Agent waktu kita hanya cuma datang  untuk mengumpulkan data-data yang bisa kita lihat diinternet travel agent itu sendiri (jamnya pun bisa saya lakukan setelah pulang kantor), tinggal menunggu visa diapproved dan ambil deh visa yang udah diapproved. Gampang kan! Gak perlu dateng ke kedutaan untuk wawancara dan ngumpulin berkas jadi gak perlu ijin-ijin sama bos 😋.

Dan dari sekian banyak travel agent, kemarin aku menggunakan travel agent HIS Travel Indonesia . Kenapa aku memilih travel agent ini, karena lokasi kantor cabang HIS sangat berdekatan dengan kantorku dan biaya yang dikenakan untuk pengurusan biaya visa biasa lumayan murah yaitu 650rb dan visa waiver 250rb.



PERSYARATANNYA APA AJA SIH?

Kalau persyaratannya sih gak susah-susah banget kok. Disimak yaa!

1. Passport yang masih berlaku.

Pastikan passport kamu masih berlaku 6 bulan sebelum keberangkatan ya. Kemarin passpportku ini akan ditahan selama proses pengurusan dan jika ada passport lama boleh ikut dikumpulin.

2. Formulir Permohonan dan Foto.

Isi formulir, bisa juga download disini PDF dan jangan lupa persiapkan juga foto 4,5 x 4,5 sebanyak 2 lembar (tidak buram, gak boleh editan, background belakang warna putih, dan yang pasti harus cantik 😜).

3. Fotocopy KTP

4. Surat Sponsor atau SIUP.

Kalau kamu karyawan maka yang kamu harus kumpulin Surat Sponsor dari perusahaan kamu bekerja tapi kalau kamu Wirausaha maka kamu harus mengumpulkan SIUP.

5. Rekening Koran 3 bulan terakhir.

Kalau ini kamu musti cetak rekening koran selama 3 bulan sebelumnya sampai hari kamu pengajuan visa. Dan biasanya tour agent mensyaratkan minimal saldo rekening kamu saat dicetak. Kalau di HIS Travel kemarin mensyaratkan minimal 30jt dan pastikan juga tidak ada transaksi dadakan yang mengakibatkan rekening gendut. Rekening gendut disini adalah mendadak dangdut tiba-tiba ada transferan besar masuk ke rekening kamu dan itu hanya 1x transaksi.

Jadi saranku, persiapkan dana sebelum 3 bulan sebelumnya sudah tersedia saldo yang lumayan besar lalu lakukan transaksi sedikit demi sedikit jangan langsung banyak tapi perlahan agar pihak kedutaan tidak menaruh curiga jadi visamu gampang diapproved.

Tapi kalau gak punya saldo 30juta gimana dong? Gak usah kuatir, biasanya pihak tour agent minta rekening koran orang tua kamu dan surat kuasa dari orang tua yang sudah ditandatangani orang tua (ini untuk menunjukkan kalau kamu benar-benar ditanggung oleh orang tuamu, jadi kamu bakal aman dan akan balik ke Indonesia).

6. Fotocopy Kartu Keluarga.

Kartu Keluarga adalah Kartu Identitas Keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga. Kartu Keluarga wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Kartu ini berisi data lengkap tentang identitas Kepala Keluarga dan anggota keluarganya.

7. Dokumen yang berkenaan dengan perjalanan.

Terdiri dari print out tiket pulang pergi, bukti hotel dan itinerary selama kamu di Jepang. 

Untuk itinerary dan hotel kemarin aku benar-benar gak ada persiapan dan belum aku buat, dan beruntung banget pihak HIS Travel punya solusi yaitu mereka yang isi data hotel dan membuat itinerary untuk perjalanan saya - saya cuma terima beres aja, hehe 😁



Selanjutnya, tinggal menunggu kabar visa diapprove atau gak deh, biasanya pihak tour minta nomor yang bisa dihubungi buat mengabarkan kita dan kemarin saya sekitar 2 minggu menunggu and then, VISAKU APPROVED!


Dan aku siap jalan-jalan keliling Jepang!

Gampang dan gak perlu ribet kan 😉, good luck guys

FOLLOW ME HERE
                                                     TWITTER || INSTAGRAM |   FACEBOOK
  Email : win.nivelia@gmail.com


Happy Travelling, 


Winnie



  • Share:

You Might Also Like

3 Comments

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  2. bingung mencari situs poker online yang berkualitas?
    ini nih saya perkenalkan website bandarq terpercaya yaitu bebasqq
    dengan hanya menggunakan 1 id bisa memainkan 8 permainan sekaligus yaitu :
    -aduq
    -bandarq
    -sakong
    -poker
    -bandarpoker
    -dominoqq
    -bandar66
    -capsa susun

    *minimal deposit 20 ribu
    *minimal withdraw 20 ribu
    *bonus rollingan yang mencapai 0,5%
    *bonus refferal 20%
    *persentasi kemenangan yang sangat tinggi
    *dilayani oleh cs yang baik dan ramah
    *proses deposit dan withdraw dibawah 1 menit.

    untuk nomor wa bisa hubungi : +6285381564626 ya
    agen domino teraman dan terpercaya

    ReplyDelete
  3. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7860815-ciri-ciri-ayam-filipina-asli-dipertandingan-s128

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.pro/
    https://m1.hj128.club/
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete