PULAU-PULAU CANTIK YANG WAJIB DIKUNJUNGI SAAT DI BELITUNG

By CERITA WINNIE BLOG - February 18, 2018

Mercusuar tua di Pulau Lengkuas, Belitung

Berbicara tentang Belitung, gue paling excited banget buat menjelajah pulau satu ini. Gimana nggak? Yang gue tahu Pulau Belitung itu sangat cantik pemandangannya, bawah lautnya juga bagus banget.

Dan kemarin perjalanan gue di hari kedua, gue bakal hopping island di beberapa pulau yang ada di Belitung.

Yeayyy

Oiaa selama di Belitung ini gue menginap di Premium Hotel di Tanjung Pandan, rate harganya bisa cek https://m.traveloka.com/id-id/hotel/indonesia/premium hotel belitung .Harganya relatif murah dan lokasi hotelnya strategis banget. Disekitar hotel banyak tempat-tempat makan dan kedai kopi kong djie coffee yang legendaris. Pokoknya menginap disini gak perlu kuatir mau makan dimana.

Dan start perjalanan kami kemarin dimulai dari Pantai Tanjung Kelayang, di pantai ini banyak kapal-kapal nelayan yang bisa kamu sewa untuk menyebrang ke beberapa pulau-pulau yang ada di Belitung. Rate harganya gue kurang tau karena kemarin gue bayar semuanya udah bersih semuanya diurus.

Yang menjadi ciri khas pantai-pantai di Belitung adalah pantainya mempunyai batu yang ukurannya besar-besar. Dan ini beberapa list pantai yang wajib kamu datengi jika kesana :

1. Batu Garuda.

Pulau pertama yang kami kunjungi, kenapa dinamakan "batu garuda" karena di pulau ini terdapat batu besar yang kalau kejauhan terlihat seperti "kepala burung garuda".

Di pulau ini kami tidak boleh turun ke pulau ini ataupun berenang-renang disekitar pulau ini jadi hanya bisa memandang pulau tersebut diatas kapal. Kenapa begitu? Katanya konon memang sudah adatnya disini dan katanya juga didekat pulau ini terdapat "palung" yang berbahaya.

Pulau Batu Garuda dilihat dari kejauhan


Memang batu-batuannya besar-besar.

Kemarin pas kesini, kebetulan baru selesai acara "Sail Tahunan" di Belitung. Jadi kemarin saat hopping island, sempat ketemu beberapa kapal-kapal pesiar dari beberapa negara. Ada yang dari vietnam, australia, swiss dan masih banyak lagi.

2. Pulau Batu Berlayar.

Pulau Batu Berlayar - Pulau kecil dan tak berpenghuni sempat mencuri perhatian setiap pengunjung yang datang ke pulau ini. Kenapa? Karena di Pulau ini banyak ditemui batu-batu yang berukuran sangat besar




3. Pulau Lengkuas.

Ini pulau yang paling terkenal di Belitung setelah Pantai Laskar Pelangi. Di Pulau Lengkuas ini selain karena batu-batu yang berukuran besar ada yang lain yang menjadi ciri khas pulau ini yaitu bangunan mercusuar tua yang sudah ada sejak pemerintahan kolonial Belanda tahun 1882.




4. Pantai Tanjung Tinggi

Setelah kemarin kami di sambut hujan deras saat hopping island di belitung, jadi ada beberapa pulau yang gak bisa kami kunjungi di hari kedua.

Dan beruntungnya di hari ketiga cuaca cerahhh, yeayy dan kami pagi-pagi langsung diajak Mas Iwan mengunjungi pantai yang juga sangat terkenal sejak film Laskar Pelangi muncul. Nama pantainya "Pantai Tanjung Tinggi" atau yang nama bekennya "pantai laskar pelangi"




Tetap yang menjadi ciri khas pantai-pantai yang ada di Belitung adalah batu-batuan granit yang besar-besar. Dipantai ini juga aku menemukannya.

Di pantai ini cantik banget pemandangannya, kamu bisa santai-santai sambil memandangi view yang ada di sekitar pantai,ada juga pengunjung yang melakukan kegiatan watersport disini seperti bermain kayak. Bisa juga floating-floating diatas crystal water yang biru banget. 

Kalau saya cukup santai-santai di atas batu sambil menikmati view di depan mata. Perfect!


5. Danau Kaolin.



Selain pantai-pantai yang aku kunjungi selama di Belitung Barat, aku nyelipin satu perjalananku mengunjungi tempat wisata yang dulunya ilegal tapi sekarang jadi terkenal karena banyak wisatawan kesini.

Namanya "Danau Kaolin" ini sebenarnya bukan danau beneran ya seperti danau toba yang ada di Sumatera Utara, tapi ini dulunya adalah bekas galian tambang yang ilegal yang sudah lama ditinggalkan dan membentuk sebuah kolam yang berisi air yanh berwarna biru kehijauan.

Awalnya saya penasaran dengan foto-foto orang yang berfoto di Danau Kaolin kok bisa ya sebiru itu tapi setelah aku lihat langsung ternyata memang cantik banget. Ambil moment dimana aja tetap aja cantik karena memang viewnya bagus banget.

Selfie disini juga cakepp abesss 

Dari list diatas tertarik donk liburan ke Belitung?

Happy Travelling guys!



Cheers,

Winnie


  • Share:

You Might Also Like

0 Comments