BERKUNJUNG KE KAMPUNG AHOK - BELITUNG TIMUR

By CERITA WINNIE BLOG - October 30, 2017


Belitong,
Yass, bucketlist gue centang lagi. Dari dulu memang udah berkeinginan banget nginjek pulau satu ini. Dan kemarin dapat tawaran ajakan kesini, langsung aja gue bilang "Mauuuu" *tanpa pikir panjang-panjang.

Siapa yang gak tahu dengan belitung, semenjak karyanya "Andrea Hirata" yang berjudul "laskar pelangi" beredar luas di masyarakat maka sejak itulah Kepulauan Belitung langsung mencuat ke permukaan.

Di lihat dari sektor pariwisatanya, belitong sudah sangat terkenal dan sudah pantas disandingkan sama pulau Bali. Selain karena film "Laskar Pelangi" sebenarnya ada juga yang membuat pulau belitung ini jadi terkenal yaitu Pak Ahok, ujar Mas Iwan (guide kami).

Dulu, sebelum Pak Ahok menjadi Wakil Gubernur Jakarta, belitung hanya dikenal dengan keindahan pantainya di Belitung Barat tepatnya kota Tanjung Pandan namun setelah mencuat sosok Pak Ahok, belitung bukan hanya terkenal dengan keindahan pantainya tapi juga beberapa tempat wisata di Belitung Timur termasuk "Kampung Ahok", ujar Mas Iwan lagi menceritakan kisah tentang kota Belitung.

Waktu menunjukkan jam 12 siang, perut gue sudah teriak minta diisi setelah tadi 2 jam menunggu pesawat delay. Beruntung Mas Iwan (guide kami) mengajak kami menyantap makan siang dulu sebelum plesiran di kota Belitung Timur. Katanya tempatnya gak jauh dari sini.

Menyantap Masakan Khas Belitung dengan View Danau

Tiba-tiba bis yang membawa kami berhenti di sebuah restoran (gue lupa nama restorannya), dari luar sih terlihat biasa aja ini restoran tapi ternyata pada saat kita masuk dan duduk di meja makan itu yang bikin seger mata. 

Karena view kita saat makan langsung menatap sebuah danau (entah nama danaunya apa tapi bukan danau kaolin ya). 

That's the view when our lunch
Satu-persatu couple pada minta difotoin
Lumayan neh sampai di Belitung punya pekerjaan baru jadi "fotografer"
Gak hanya couple, pasangan muda-mudi juga minta difotoin
Untung gue ada yang mau fotoin
Bikin suasana makin tenang ditambah lagi makanan saat itu semuanya seafood. Ada ikan kuah kuning (ini rasanya enak banget, sumpah nggak bohong!), Bakso Ikan Kuah, Kepiting, Udang, dan yang paling favorit sambal terasinya. Juara ini sambal pedasnyaa puolll.

Dan yang pasti setelah makan siang kegiatan kami siang itu hanya menikmati view danau dan jepret-jepret alias foto-foto.

Foto rame-rame bersama rombongan 

Dan dibelakang gue ini restorannya
Masakan Khas Belitung, "Kuah Ikan Kuning"



Mencicipi kopi khas Kota Manggar, kota 1001 Warung Kopi

Gue pikir setelah perut sudah keisi, kami akan lanjut menjelajahi tempat wisata di Belitung Timur. 

Tapi tiba-tiba baru 3 menit berjalan, bis kami berhenti disebuah kedai kopi.
"Sebelum kita menjelajah destinasi pertama, saya akan mengajak bapak dan ibu disini untuk mencicipi kopi yang menjadi khas kota Manggar, kalau bahasanya belum ke belitung kalau belum nongkrong di kedai kopi," ujar Mas Iwan.

Kami diajak oleh Mas Iwan untuk ngopi-ngopi, nama tempat kopinya "Warkop Kopi Millenium" yang terkenal disini ya kopi hitamnya tapi karena berhubung gue nggak suka kopi hitam, gue minta ditambahkan susu jadilah kopi susu + es batu. Es Kopi Susu.

Untuk teman es kopi nya cobain pisang gorengnya deh, ENAK BANGET 👍.

Mas Iwan menjelaskan kepada kami, nama daerah ini adalah kota Manggar, disini terkenal banget sama 1001 kedai kopi, karena disini tidak ada mall maka orang belitung biasanya menghabiskan waktu senggangnya di kedai kopi sambil ngobrol-ngobrol. Dan saya mengajak kesini untuk mencicipi salah satu kedai kopi di belitung, ujar Mas Iwan lagi.


Nongkrong di kedai kopi di Manggar, kota 1001 kedai kopi

Jalanan di kota Manggar, hampir disepanjang warung kopi semua

Es kopi susu
Katanya pisang gorengnya juga enak

Dari foto-foto diatas, udah terlihat gak kita seperti orang-orang belitung? 

Mengunjungi Rumah Ahok di Belitung Timur


Setelah minum kopi di kedai kopi, kami lanjut ke rumah Ahok. Sampai di rumah Ahok, kami langsung disambut dengan seorang bapak (dia bekerja di rumah Ahok). Saya pun meminta ijin dengan bapak tersebut untuk boleh masuk ke rumah Pak Ahok. Dan dia mempersilahkan kami untuk masuk ke dalam pekarangan rumah Pak Ahok.


Sempat kami bertanya kepada Bapak ini apa kami bisa bertemu dengan Ibu Ahok, dia bilang beliau sedang di Jakarta.

Rumah Ahok

Rumah Ahok tampak dari luar

Di seberang Rumah Ahok, ada musium dimana menjual souvenir-souvenir dari Belitung


Mengunjungi Sekolah Laskar Pelangi


Lanjut perjalanan kami di Belitung Timur, cuaca saat itu sudah mulai gelap yang menandakan akan turun hujan.


Ini destinasi terakhir kita di Belitung Timur, sekolah yang menjadi lokasi syuting film "Laskar Pelangi", disini kita gak bisa lama-lama ya karena cuaca sudah mulai hujan, ujar Mas Iwan.


Seperti yang tadi sudah dibahas Mas Iwan, film karya Andrea Hirata-lah yang mengangkat Pulau Belitung ini menjadi pulau yang dikenal oleh masyarakat luas. Dan saat ini, kami berada pada salah satu tempat syuting "Laskar Pelangi", Sekolah SD Muhammadiyah, Gantong".





Kalau sekolah aslinya sudah runtuh karena termakan oleh waktu. Tapi saat syuting film berlangsung, replika sekolahnya dibuat semirip mungkin. Dan tinggal inilah yang tersisa "Replika Sekolah Laskar Pelangi" sebutannya.



Dinner di Restoran Belitong Tempo Dulu.



Tiba-tiba didalam perjalanan, belitung diguyur hujan. Dan beruntungnya kunjungan kami di Replika Sekolah Laskar Pelangi itu kunjungan terakhir kami. Dan Mas Iwan pun memngumumkan jika kita sebelum ke hotel, kita akan makan malam dulu ke sebuah restoran yang unik. 


Waahhh makan lagi, yeayyy *makan mlulu ya gue



Dan kami berhenti di sebuah restoran yang penuh lampu-lampu dannn bener-bener unik loh ini restoran. Apa aja yang unik di restoran ini, saya akan bahas di tulisannku yang lain.



Keep on my blog guys!


Regards

Winnie





  • Share:

You Might Also Like

0 Comments