MENGULIK KEUNIKAN DARI PANTAI BATU BERLAYAR - BELITUNG

By CERITA WINNIE BLOG - October 14, 2017



Coba di lihat baik-baik foto diatas, mungkin sekedar biasa aja cuma air laut yg berwarna tosca dan batu berukuran besar. Tapi menurutku batu-batu ini yang membuat unik, kok bisa ya batu berukuran besar ini ada di pulau cantik ini. Darimana ya kira-kira asalnya batu-batu ini?

Hmmmm

Saat gue kemarin explore pulau belitung memang hampir 80% pantai disini didominasi dengan adanya batu-batuan berukuran raksasa. Bahkan ada yang tingginya mencapai bangunan rumah tingkat 3. Seperti yang gue lihat di Pantai Batu Berlayar. Pantai Batu Berlayar ini adalah salah satu pantai yang ada di Belitung.

Sekilas dari kejauhan pantai ini nampak  biasa aja hanya pantai berpasir putih dan dikelilingi oleh air laut yang berwarna hijau tosca bercampur biru. Tapi yang membuat unik di pantai ini ada pada penghuni pantai ini. Pantai yang berukuran kecil seluas lapangan sepak bola sekolah jaman dulu (mungkin kita bisa mengintari pulau ini hanya 10 menit aja) dihuni oleh batu-batu berukuran besar dan tinggi-tinggi. Konon batu-batu ini namanya batuan granit. Kalau ditanya ketinggiannya saya sudah jelaskan diatas dan besarnya gak usah ditanyakan lagi.

Besar bangeeeeeeeeeet. ("e" gue buat double).

Gak usah penjelasan panjang lebar ya, ini lihat aja foto-foto dibawah ini :

Sumber foto : www.indonesiakaya.com
Sebelah kanan saya batu besar
Ini juga Batu Besar
Ayahku berdiri diantara "Giant Stone"
Batu ini yang disebut Batu Berlayar, mirip Layar Kapal kan?

Dan kemarin saat saya kesini pantai ini sedang ramai dikunjungi wisatawan mungkin karena waktu itu saat weekend. Sampai-sampai pulau kecil ini terlihat lebih sesak (menurutku). Saya pun tidak mau terburu-buru menikmati pantai ini karena gak setiap pengunjung bisa kepantai ini.

Konon pantai ini terkadang tertutup oleh air laut. Maka banyak wisatawan suka tidak beruntung dateng kepantai ini. Dan kali ini saya beruntung, maka dari itu saya menikmatinya dengan mengabadikannya melalui beberapa bidikan kamera saya dan merasakan sensasi naik diantara batu-batuan granit besar ini (tapi tetap hati-hati loh).


Kenapa pantai ini dinamakan "Pantai Batu Berlayar"? Menurut Mas Iwan (lokal guide kami kemarin) bentuk batu yang berada di depan pantai membentuk sebuah sLayar pada kapal. Maka dari itu orang Belitung menamakan pulau ini "Pulau Batu Berlayar".

Transportasi

Untuk menuju ke pantai batu berlayar para traveller bisa menyewa kapal nelayan di dermaga tanjung kelayang. Kamu bisa menyewa kapal tersebut untuk sailing ke beberapa pulau-pulau disekitaran Belitung Barat. Jadi kalian bisa menggunakan kapal nelayan selama beberapa jam dan mengitari pulau-pulau di dekat pantai tanjung kelayang.

Harga sewanya? Saya kemarin menggunakan jasa travel yang paketan. Tapi untuk sobat traveller bisa tawar-menawar di Pantai Tanjung Kepayang untuk sewa kapal hopping island. Jadi bisa menjelajah banyak pulau nantinya.

Penjelasan Tentang Belitung

Belitung dulunya namanya "Billiton" dan merupakan sebuah kepulauan tapi semakin berkembang kepulaun Belitung dan kepulauan Bangka membentuk satu provinsi namanya "Provinsi Bangka Belitung" dengan 2 kabupaten yaitu kabupaten Tanjung Pandan & Kabupaten Manggar (Belitung Timur).

Karena letaknya yang berada di kepulauan banyak wisata bahari yang disuguhkan oleh Belitung. Maka gak heran saat ini pariwisata di Belitung sedang digalakkan oleh pemerintah setempat. 

Banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara penasaran dengan pulau Belitung yang bisa dibilang "Bali Kedua". Dari Jakarta juga gak susah-susah kok untuk menuju Pulau Belitung. Cukup terbang selama 53 menit saja, kalian sudah sampai di Pulau Belitung.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi Pulau Belitung 😉

Salam.


Winnie



  • Share:

You Might Also Like

0 Comments