Kota jogja dan candi, 2 hal yang tak bisa dipisahkan oleh lekang waktu

By CERITA WINNIE BLOG - September 17, 2017

Jogja dan Candi, 2 Hal yang gak bisa dipisahkan. Setuju gak sih kalian? 

Kalau menurutku, kota Jogja memang tidak akan pernah lepas dari candi atau arca. Banyak yang dapat kita temui di Kota Jogja beberapa candi megah yang masih berdiri kokoh bahkan dijadikan tujuh keajaiban dunia oleh badan dunia. 

Makanya gak heran, wisatawan luar atau lokal selalu memasukkan list perjalanannya mengunjungi beberapa candi jika sedang berada di Jogja. Seperti aku kemarin, aku yang sedang liburan bersama keluargaku menyempatkan kunjungan ke candi karena supaya ponakanku bisa belajar sejarah sambil liburan.

Dan berikut candi-candi yang sangat terkenal dan wajib kamu kunjungi jika ke kota Jogja :


1. Candi Borobudur.


Candi Borobudur merupakan peninggalan sejarah agama Budha yang paling megah. Bangunan candi sudah dinobatkan oleh UNESCO sebagai monumen dan komplek stupa terbesar dan termegah didunia tak heran banyak wisatawan lokal maupun turis yang datang kesini.

Walaupun lokasi candi ini bukan di kota Jogja tapi candi ini sudah identik dari dulu sampai sekarang dengan kota Jogja. 

Untuk harga tiket masuk ke candi borobudur, orang dewasa dikenakan Rp. 30.000 sedangkan anak-anak dikenakan Rp.20.000.

Ada banyak cara menikmati candi ini, kalian bisa menaiki beberapa anak tangga sampai dipuncak candi, di puncak candi kalian akan melihat hamparan gunung Merapi dan Merbabu, dimana candi Borobudur ini seolah-olah dikelilingi beberapa gunung megah.

Cara lain juga ada cobalah kalian datang kesini pada saat menjelang sunrise ataupun sunset. Sinar mentari akan memancarkan sinarnya diantara stupa arca Budha menambah keindahan candi ini.



CANDI BOROBUDUR

LOKASI
Jl. Badrawati, Borobudur, 
Magelang, Jawa Tengah


2. Candi Prambanan.



Nah kalau tadi tentang peninggalan sejarah agama Budha, berbeda halnya dengan candi Prambanan. Di Candi Prambanan merupakan peninggalan sejarah agama Hindu dan merupaka candi Hindu yang tercantik. 

Sepertinya dua agama ini dulunya pernah menduduki kota Jogja. Makanya tak heran di kota Jogja masih banyak peninggalan sejarah agama Budha dan Hindu.

Candi Prambanan juga merupakan candi yang sudah terkenal di mata dunia sekalipun selain Candi Borobudur diatas. 

Dan dibalik candi pasti ada kisah atau legenda jaman dulu begitu juga candi Prambanan yang mempunyai kisah tersendiri. Kesan pertamaku saat mengunjungi candi ini adalah begitu megah. Candi Prambanan ini memiliki 3 candi utama yaitu candi Wisnu, Brahma, Siwa. Dan setiap candi utama memiliki candi pendamping yang menghadap kebarat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Siwa.

Jika lelah menapaki pelataran candi prambanan, kalian bisa rehat sebentar ditaman sekitar candi prambanan. Sejukk

CANDI PRAMBANAN

LOKASI
Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 

NO TLP
(0274) 496401


3. Candi Ratu Boko.




Gak jauh dari Candi Prambanan, kalian juga bisa mampir ke candi satu ini namanya candi ratu boko. Lokasinya memang gak jauh dari Candi Prambanan. Bahkan untuk tiket masuk candi disediakan satu paket : candi prambanan + ratu boko. Harga htm nya per orang 30rb (dewasa), 20rb (anak-anak).

Di candi ratu boko, konon candi ini katanya adalah candi kutukan (berdasarkan cerita Pak Agus yang mengantar kami kemarin). 

Yah apapun kisah dibalik candi ini, aku suka dengan candi ratu boko ini karena bangunan candinya yang berada diatas menambah keindahan tersendiri untuk candinya.

CANDI RATU BOKO

LOKASI
Jalan Raya Jogja - Solo, Prambanan, Sleman, Indonesia

NO TLP
+62-274-496510



Sebenarnya masih banyak lagi candi yang bisa kita temui jika sedang di Jogja seperti Candi Mendut, Candi Sambisari, Candi Ijo, dan masih banyak lagi.
Jangan pernah bosan ya untuk mengunjungi candi di Indonesia. 

Keep Travelling guys 

Salam

Winnie

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments