Pulau Putri - Pulau Cantik Berpasir Putih di Tapanuli Tengah

By CERITA WINNIE BLOG - February 28, 2016




Masih perjalananku di Tapanuli Tengah, Sibolga. Setelah kemarin saya membahas Air Terjun Mursala (kalian bisa baca tulisanku disini ).

Masih dalam kawasan Pulau Mursala, tidak jauh dari Air Terjun Mursala kira-kira kita musti berlayar lagi sekitar 10 menit dari Air Terjun Mursala, kita akan menemukan pulau cantik yang terkenal dengan pasirnya yang putih halus.

Tapi sayang disayang, sesampai saya dipulau tersebut pihak pulau meminta uang retribusi atau bisa dibilang HTM (harga tiket masuk). Dan gak tanggung-tanggung HTM nya mahal banget, satu rombongan dikenakan Rp. 500.000, menurut saya pengelola pantai sepertinya cari untung sekali. Selama saya traveling baru kali ini harga tiket masuk ke pantai semahal itu (padahal rombongan saya hanya 9 orang termasuk awak kapalnya). 

Karena berhubung mahal dan saya pikir tidak logis harga tiket masuknya, awak kapal saya menyarankan di pulau berikutnya saja kita berhenti, disitu pulaunya tidak bayar tapi pulaunya kecil tapi masih bisa snorkeling. Gak papa dech kecil yang penting masih bisa menikmati pulau putri ini tanpa harus membayar mahal dan bisa snorkeling lagi. 


Pulau Putri yang cantik sayang mahal harga tiket masuknya


Pulau tak berbayar dan Pulau tak berpenghuni. Perfect!!
Ternyata pulau yang dimaksud tidak jauh dari pulau Putri tepatnya disisi sebelah kirinya Pulau Putri masih dalam kawasan Kepulauan Mursala. Menurut saya pulau ini lebih sangat eksotis dan cantik. Pasirnya putihnya bersih dan airnya hijau tosca yang rasanya ingin cepat-cepat nyebur.

Disumatera utara menurut saya banyam tempat wisata yang tidak lepas dari cerita rakyat seperti Danau Toba, Patung Sigale-gale yang saat ini menjadi icon Pulau Samosir, Air Terjun Mursala, dan termasuk Pulau Putri ini yang ternyata punya kisahnya. Inilah uniknya tempat wisata di Indonesia yang selalu tidak jauh dari cerita rakyat yang melegenda.

Bicara tentang Pulau Putri, menurut orang pesisir Sibolga, Dahulu ada seorang permaisuri yang sangat cantik parasnya bernama Putri Runduk. Sejak suaminya (Raja Jayabana) meninggal dibunuh oleh Raja Mataram, Raja Mataram ingin mempersunting Putri Runduk tapi Putri Runduk tidak mau dan lari dan menetap di Pulau ini. Sejak saat itu Pulau ini lebih dikenal dengan Pulau Putri tapi menurut saya Pulau ini memang benar cantik secantik Putri Runduk.

Melihat keindahan bawah laut di Pulau ini

Pasirnya putihnya banget 

Berasa punya Pulau pribadi

Biasanya Pulau ini menjadi tempat persinggahan bagi wisatawan yang habis melihat Air Terjun Mursala yang unik itu. Di Pulau Putri ini selain kita bisa menikmati keindahan pasirnya, kita bisa melakukan kegiatan yang saya sukai, yupss snorkeling merupakan kegiatan yang tidak pernah saya lupakan jika saya berkunjung kesuatu Pulau. Pas saya menyelam ikan-ikannya lucu tapi sayang banyak terumbu karang yang sudah mari mungkin karena banyak pengunjung Pulau ini yang secara tidak sengaja menyentuhnya.

Tidur di kasur sudah terlalu mainstream.. Bagaimana tidur dilaut?


Selain itu, Pulau ini unik loch karena dari Pulau Putri ke Pulau satu kita bisa berjalan kaki karena kedalaman airnya tidak dalam alias cetek.
Saya saja sempat berdiri ditengah-tengah ternyata kedalamannya hanya setinggi dada orang dewasa. Kerenn

So, kapan kalian ke Sumatera Utara? Kalau ke Sumatera Utara jangan hanya ke Danau Tiba ataupun Pulau Samosir ya mampir juga nech ke Sibolga banyak pantai-pantai yang bisa kita eksplore.

Main-main juga ya lihat feed instagramku, follow my IG @winnievelia

Enjoy my blog


Winnie





  • Share:

You Might Also Like

0 Comments