Serunya Petik Apel Langsung Dari Kebunnya - Kusuma Agrowisata, Batu

By CERITA WINNIE BLOG - May 13, 2015

> Ayoo.. kota Malang terkenal dengan apanya?

> Yupss Apel Malang

Siapa sich yang ga tau apel? Orang Indonesia pasti sudah tau banget dengan buah Apel.

Kota Batu memang terkenal dengan Apelnya malah kota ini sudah dijuluki menjadi kota Apel.

Nah berhubung saya sedang di kota Batu, saya gak mau terlewatkan agrowisata yang disuguhkan di kota ini.
Pagi-pagi saya dan tiga teman saya sudah check out dari hotel karena memang kita akan balik lagi ke Surabaya. Karena berhubung kita kurang paham dengan jalan menuju lokasi Agrowisata, kita pun bertanya dengan sekurity hotel tentang lokasinya.

"Pak..numpang tanya!!kalau mau ke agrowisata kemana ya arahnya?" seruku

"Mau yang jauh atau yang deket mba?"

Oh.. ada dua ya *pikirku

"Oke yang deket aja" seruku

"Oh. kalau yang deket tinggal keluar dari hotel ini lurus ada pertigaan belok kiri lurus saja nanti ketemu namanya Agrowisata Kusuma"

Singkat cerita, kita pun sampai di tempat tujuan. Nama lokasinya adalah Agrowisata Kusuma. Pada saat itu, saya pikir Agrowisata ini akan ramai pengunjungnya karena masih hari libur Imlek ternyata malah sepi pengunjung. Di loketnya pun tidak terlihat ada antrian yang panjang *beda waktu saya beli tiket di JatimPark 2 lumayana loch antriannya..mungkin orang-orang kurang berminat dengan agrowisata ini.

Nah ini dia guys Harga Tiket masuk Wisata Petik Apel Kusuma Agrowisata Batu ini ada 2 paket:
1. Paket I : Wisata Petik 2 Apel / Jeruk / Strawberry, Roti Bakar, Jus Buah
    Weekday             : Rp. 45.000
    Weekend             : Rp. 50.000
2. Paket II : Wisata Petik 2 Apel / Jeruk /Strawberry, Nasi Goreng Apel / Bakmi Goreng, Jus Buah
    Weekday             : Rp. 55.000
    Weekend             : Rp. 60.000

Karena berhubung pada saat saya datang ke sana lagi sedang musim strawberry maka untuk buah strawberry diganti menjadi buah Jambu dan mendapatkan 2 buah Jambu langsung dari pohonnya.

Setelah membeli tiket, kita pun bergegas ke kebun yang terdekat dulu yaitu kebun buah Jambu. Sebelum kita ke kebun, pengunjung diharuskan mencuci tangan dulu untuk menetralisasikan tangan kita terbebas dari kuman *mungkin supaya buah-buah disini bisa lebih sterilisasi,,keren ya :D

Sayangnya di kebun buah Jambu ini tidak ada petugas yang memandu kami.jadi kita kurang paham buah Jambu yang mana yang sudah boleh di petik dan kita pun asal saja memetiknya yang pentingnya buahnya sudah besar dan gede. Untuk memetik buah Jambu tidak terlalu sulit tinggal di pelintir saja buahnya langsung dech petik pelan-pelan.

Dapet 2 buah Jambu

Inilah caranya memetik buah Jambu yang benar

Sebenarnya ada sich petugas yang berjaga di kebun buah Jambu ini tapi petugas tersebut hanya berdiri di depan pagar masuk kebun.

Dari kebun buah Jambu kita pun lanjut ke kebun buah Jeruk. Lokasi antara kebun buah Jambu ke kebun buah Jeruk jaraknya lumayan jauh. Untungnya pihak Kusuma Agrowisata menyediakan fasilitas mobil untuk mengantar pengunjung ke kebun yang jaraknya lumayan jauh.

Selama perjalanan menuju ke kebun buah Jeruk, kita disuguhkan pemandangan kebun lainnya seperti kebun buah Naga dan Strawberry. Sayang sekali pada saat itu sedang buah-buah tersebut belum berbuah atau belum musimnya.

Sangat berbeda dengan kebun buah Jambu, di kebun buah Jeruk ini kita dipandu oleh petugasnya. Kita ditunjukkan Jeruk yang manis itu ciri-cirinya seperti apa dan yang Jeruk yang asam ciri-cirinya juga seperti apa. Selain itu, kita di beri arahan bagaimana cara menanam buah Jeruk yang baik. Jujur aja, saya kurang paham tentang bercocok tanam taunya cuma makan duank, hehee

Oiyaa guys di pohon Jeruk ini kalian harus hati-hati ya memetik buahnya karena di ranting-ranting pohon Jeruk ini banyak sekali duri-duri yang menempel. Jarri dan tangan saya banyak juga yang kena duri-duri ini. Tak lupa saya pun mengambil buah Jeruk yang rasanya manis satu dan yang manis-manis asam satu untuk saya bawa pulang.



Samping kanan saya adalah kebun buah Jeruknya
Lanjut dari kebun buah Jeruk kita pun ke kebun buah Apel. Nah inilah buah primadona disini.

Di kebun buah Apel ini sama seperti buah Jeruk banyak petugas-petugas yang berjaga-jaga. Di kebun Apel innpun di batas-batasi karena ada beberapa pohon Apel yang belum berbuah dan pengunjung tidak boleh kepohon tersebut apalagi menyentuh buah-buahnya.

Saya dan tiga teman saya pun diarahkan oleh petugas disana untuk ke pohon Apel yang sudah berbuah. Kami pun memetiknya dengan jatah 2 buah Apel. Oiya di setiap kebun ini kalian jangan buang sampah sembarangan yah apalagi pada saat kita makan buahnya terkadang kita refleks sendiri membuang sisanya begitu saja. Jangan ya guys tetap lestarikan kebersihan!!

Metik buah Apel langsung dari pohonnya
 Di kebun Agrowisata sendiri juga menyediakan buah-buahan yang dijual per kilo. Saya pun ikut membelinya untuk saya jadikan oleh-oleh. Nah capek kita berkeliling mengitari kebun-kebun yang ada disini, kita pun diberik snack yaitu Roti Bakar dengan selai Apel dan Jus Jambu.

Snack yang disediakan jika kita sudah lelah berkeliling

 Nah perjalanan saya pun berakhir di kota Batu semoga kalian suka dan tertarik ke kota kecil yang penuh dengan tempat wisata belajarnya ini.

Enjoy My Blog

Salam 


#wintravel

 

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments