Chin Swee Caves Temple, Kuil Cantik Berada di Ketinggian Genting - KL Trip

By CERITA WINNIE BLOG - August 27, 2018




Gue mau kasih satu rekomendasi tempat wisata yang menurut gue musti banget kesana, tempatnya sejuk, berada diketinggian, dan keren banget viewnya dan berhistori banget namanya Chin Swee Caves Temple 

Chin Swee Caves Temple ini merupakan kuil yang lokasinya ada di kawasan Genting. Dimana genting, adalah salah satu kawasan daratan tinggi yang ada di Malaysia. Dan kuil ini berada di ketinggian 4.600 meter diatas permukaan laut.

Cara menuju Chin Swee Caves Temple, ada dua cara:
1. Bisa menggunakan mobil atau taksi, kalau yang takut ketinggian bisa neh naik kendaraan aja tapi siap-siap mabok dengan jalan berliku tajam.

2. Naik Awana Skyway, kalau ini yang gue suka. Bisa melihat view dari ketinggian. Harga tiketnya kemarin gue beli satu paket dengan tiket masuk Genting dan bus.


***

Dan ini viewnya dari balik kaca Awana Skyway




YUK KE CHIN SWEE CAVES TEMPLE, BERASA SEPERTI ADA DI BEIJING.

Pagoda yang berdiri kokoh

Tepat distasiun Chin Swee Caves Temple, Awana Skyway akan berhenti dan gue pun musti turun dan lanjut berjalan kaki dari stasiun. Di depan sudah ada petugas yang memberi petunjuk jika Chin Swee Caves Temple musti turun disebelah kiri (dari hadapan dia) dan dimana disebelah kiri terlihat eskalator yang siap mengantar kami turun kebawah. Gue pikir cuma hanya 2 atau 3 eskalator aja tapi nyatanya banyak eskalator bok yang musti kita lewatin, mungkin sekitar 10 eskalator dan sampai lah kita di kawasan Chin Swee Caves Temple.

Gak hanya eskalator juga tersedia anak tangga di sebelah luar, mungkin ini alternatif lama jika kita mau ke temple. Mungkin kalau menuju ke temple masih enak ya karena turunan tapi kalau kembali lagi kestasiun itu yang peer, capek juga musti harus menaiki anak tangga. Salut deh Malaysia, bisa menciptakan eskalator ini lumayan kan gak capek lagi naik turun tangga.

Masuk ke kawasan Chin Swee Temple, sudah mulai berkabut diluar?

Entah ini didalamnya apa? Ada yang tau didalamnya seperti apa?


Begitu masuk ke kawasan temple ini, nuansa chinese sangat kental, dari depan mata sudah dimanjakan dengan Pagoda yang berdiri gagah.

Kuil ini merupakan kuil Tao yang didirikan diatas tanah berhutan yang berukuran 28hektar dengan ketinggian 4.600 meter diatas permukaan laut. Tinggi ya! Pendirinya bernama Tan Sri Dato Lim Go Tong yang juga merupakan pendiri Genting Highland. Di dalam kawasan temple ini terdapat juga patung Tan Sri Dato Lim Go Tong yang menjadi bak seperti patung yang menyambut pengunjung setiap yang datang karena letaknya berada tepat didepan gerbang kawasan.

Dan gak jauh dihadapan saya terlihat seperti lapangan yang berada diarea tengah. Di sebelah kiri terlihat ada air mancur buatan yang berjalan merambat di dinding berbatu, dan tepat diatas air mancur buatan ada Patung Dewi Kwan In yang lumayan besar. Sewaktu saya kesana, ada beberapa pengunjung yang sedang bersembahyang dihadapan Patung Dewi Kwan In.

Patung Dewi Kwan In

Kalau tadi di sebelah kiri ada air mancur buatan, di sebelah kanan ada sebuah rumah ibadah yang sangat menyita mata gue karena warnanya yang nyentrik yaitu merah. Memang, yang saya tahu kalau warna merah bagi kebanyakan orang Cina punya arti yang berarti Ong. Maka gak heran kebanyakan ornamen Cina bernuansa warna merah.

Gak jauh dari area yang seperti lapangan ini ada sebuah rumah lagi entah di dalamnya ada apa tapi letaknya yang juara karena letaknya berada di pinggir jurang dan sedikit berhadapan dengan Patung Budha yang besar. Patung Budha ini berada ditengah rerimbunan pohon-pohon, karena memang kawasan Genting ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis maka temple ini pun dikelilingi pepohonan yang menambah keindahannya.

Budha Statue

Sempetin selfi walau kabut sudah mulai turun

Gue pun bersama dua teman gue gak terlalu lama disini karena memang kondisi cuaca saat itu sedang berkabut dan dinginnya sampai menusuk tulang maka kami memutuskan untuk foto-foto dan lanjut naik ke atas lagi.

Tapi pemandangan disini tuh menurut gue yang super duper sukaa banget benar-benar berasa seperti di Beijing. Gue sangat merekomendasi temple ini buat dikunjungi kalau sedang berada di Genting. Jadi belum pernah ke Beijing kesini aja dulu ✌☺


***

Baca Juga cerita perjalananku selama di Malaysia :

1. Jalan-jalan keliling Malaysia selama 4 hari dengan budget murah (Malaysia Part II)



Selamat Jalan-jalan,
xx
Winnie Velia


  • Share:

You Might Also Like

2 Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete