Menikmati Telaga Warna Dieng Dari Dua Sudut

By CERITA WINNIE BLOG - February 25, 2017

Masih melanjutkan cerita jalan-jalan kami mengeksplore dieng agustus tahun lalu. Saat itu, perjalanan kami selanjutnya adalah menjelajahi tempat wisata yang juga menjadi unggulan dieng. yaitu telaga warna 

Siapa yang tidak tahu telaga warna dieng, telaga ini sudah menjadi sorotan para traveller yang harus atau wajib dikunjungi jika ke Dieng. telaga warna ini berada di ketinggian 2000 mdpl dan juga merupakan telaga terluas yang ada di dataran tinggi dieng (mungkin luasnya bisa mencapai 3 kali lipat lapangan sepak bola). Dan konon warna di telaga ini bisa berubah-ubah warnanya kadang-kadang berwarna hijau, kuning dan pelangi.

Di dekat telaga warna, ada juga telaga lainnya namanya telaga pengilon yang letaknya disebelah selatan dari telaga warna. Untuk luasnya telaga pengilon masih lebih kecil dari telaga warna. telaga pengilon ini mempunyai warna air yang bening dan jernih (sangat berbeda ya dengan telaga warna). 

Dan untuk menikmati telaga warna ini kita dapat menikmatinya dengan dua sudut pandang. 

1. Menikmati Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari dekat.

   Untuk mencapai ke Telaga Warna gak usah kuatir karena di sepanjang jalan Dieng, udah banyak papan petunjuk mengarah ke Telaga Warna, dan lokasi Telaga Warna ini gak jauh dari Candi Arjuna dan Musium Kailasa.

Harga tiket masuk ke telaga ini, untuk weekend/hari libur dikenakan biaya Rp. 8.500,- sedangkan weekdays Rp. 6.500,- (tahun 2016).

Memasuki tempat wisata telaga warna, mata langsung disuguhkan dengan telaga yang sangat luas dan dikelilingi pepohonan. warna telaganya saat itu sebagian berwarna hijau yang mengarah ke seberang dan yang lainnya berwarna keruh, mungkin momen saya kesini kurang pas jadinya tidak dapat melihat telaga yang berwarna-warna.


Telaga Warna, Dieng dilihat dari dekat

Ada rumah pinggir telaga, cocok buat jadi background foto 
Di kawasan wisata telaga warna, karena luasnya telaga ini menurut ku banyak spot-spot untuk kamu yang suka narsis, jadi kalau kesini siapkan memori kamera yang banyak ya, rugi soalnya. kamu coba ke sebelah kiri dari pintu masuk utama, kamu akan menjumpai sebuah pondok/rumah (tapi tak berpenghuni kok) pondok ini biasanya dijadikan iklan-iklan TV. dan menurutku pemandangan dari pondok ini sangat kece sambil memandang-mandang ke telaga, hmm sangat cocok untuk tempat merenung 😀

Nah disebelah kanan dari pintu masuk, kamu bisa menyusuri jalan setapak di pinggiran telaga ada kawasan goa-goa dan mengarah ke selatannya ada telaga pengilon (sayang kemarin saya gak sempat kesana karena masalah waktu). 

Di kawasan telaga warna, ada sekitar 4 goa yaitu goa semar, goa jaran, goa sumur, dan goa pengantin. dari kesemua goa tersebut konon banyak cerita mistis yang mendasari goa-goa tersebut. ceritanya nanti saya akan bahas dipostinganku berikutnya.

wefie dengan rombonganku

foto dipinggir telaga, keren 

2. Menikmati Telaga Pengilon & Telaga Warna dari Batu Ratapan Angin.

Gak jauh juga dari Telaga Warna ini, masih dalam kawasan wisata Dieng, ada satu tempat wisata yang juga dibilang wisata favorit di Dieng namanya Batu Ratapan Angin atau bisa jugs disebut Batu Pandang Dieng.

Untuk menuju lokasi batu ratapan angin, lokasinya tidak jauh dari telaga warna, kalian bisa ambil jalur kanan dibagian selatannya telaga warna. gak jauh juga sama Dieng Plateau Theater (masih dalam kawasan yang sama).

Dari parkiran, kita musti trekking jalan bebatuan mungkin trekking sekitar 10 menit aja. dan sampailah kita di pos batu ratapan angin atau batu pandang Dieng. 

Pemandangannya sama seperti diatas yaitu telaga warna dan telaga pengilon dari ketinggian. Untuk mendapatkan spot foto telaga warna yang bagus, kita harus menaiki dua buah batu yang berdempetan (mungkin batu ini juga yang dibilang batu ratapan angin) dan di batu itulah kita bisa memandang-mandang telaga warna.

Di Kawasan batu ratapan angin ini, juga banyak disediakan permainan-permainan yang menurutku sedikit agak memacu adrenalin seperti ada jembatan merah putih, di jembatan yang cukup tinggi ini kita bisa bernasis ria juga dengan pemandangannya telaga warna atau jugs bisa flying fox  untuk kamu yang capek turun.


Batu Ratapan Angin, Dieng


buat foto seru-seruan bersama sahabat
Dan menurutku, menikmati telaga warna dari dekat atau dari ketinggian, keduanya memberikan kesan sendiri-sendiri. dan gak tau kenapa aku suka dua-duanya, hehehe 

Ayo donk kalian kapan mampir ke Dieng, dijamin kece-kece wisatanya. 😊


Happy Travelling guys!


Regards 


Winnie



  • Share:

You Might Also Like

0 Comments