PERMATA DI UJUNG PULAU SUMATERA - LAMPUNG

By CERITA WINNIE BLOG - October 23, 2016

Sebuku Island, Kalianda

Buat saya liburan itu penting banget, setelah berhari-hari berkecimpung dengan rutinitas kerja, menyelesaikan tugas kantor yang hanya didepan komputer. Sekali-kali ajak otakmu untuk refreshing. Gak perlu jauh-jauh untuk travelling, sekarang ini Dinas Pariwisata sudah menggalakkan wisata alam yang dekat dengan Ibukota. Salah satunya ada di Provinsi Lampung.

Lampung...

Sebagian orang mengenal Lampung dengan Pulau Pahawang Kecil, Pahawang Besar dan Teluk Kiluan,

Tapi tau gak selain Pulau Pahawang dan Teluk Kiluan, masih ada juga pulau-pulau cantik yang ada di kota Lampung. Tepatnya di Lampung Selatan, yaitu Pulau Sebuku, Sebesi, dan Pulau Cemara.

Saya bergabung dengan rekan-rekan jasa travel yang bersifat open trip membawa beberapa rombongan untuk eksplore pulau-pulau yang ada diLampung Selatan. Belum mengenal Pulau Sebuku, Sebesi dan Cemara mari saya kenalkan pulau-pulau ini lewat blog saya.

Titik awal untuk menuju ke Pulau Sebuku, Sebesi dan Cemara adalah Dermaga Canti. Waktu itu sekitar jam 03.00 pagi dini hari, gue udah berada di Pelabuhan Bakaehuni dan lanjut perjalanan menuju Dermaga Canti dengan menyewa angkot.

Suasana Lampung waktu itu agak ngeri-ngeri sedap, gelap dan abang angkotnya bawa mobilnya udah kaya lagi bawa kambing kencang banget cyinn nggak pake rem sepertinya.

Jam 04.00, saya dan rombongan sampai di Dermaga Canti. Santai-santai di kedai kopi pinggir dermaga, yang mau sholat subuh silahkan, yang mau sarapan atau yang mau sekedar ngopi atau ngeteh juga boleh.

Kira-kira matahari sudah mulai terlihat dan kami pun siap-siap menuju kapal untuk sailing.

Rombongan Funpacker, siap untuk sailing

Inilah kapal yang akan membawa kami sailing
Selama sailing viewnya itu bagussss bagusss banget dan terlihat jelas banget kegagahan Anak Gunung Krakatau. Wahh mata tuh benar-benar dimanjakan. Cek aja ya foto-fotonya dibawah ini, hihi

Pemandangan pagi itu

Gunung apakah itu ??

a. Pulau Sebuku

Destinasi pertama kami adalah Pulau Sebuku. Perjalanan dari Dermaga Canti menuju Pulau Sebuku kira-kira sekitar 45 menit. Gak terlalu jauh dari Dermaga Canti.

Secara administratif Pulau Sebuku ini berada di kawasan Kalianda, Lampung Selatan namun secara geografis Pulau Sebuku ini berada di Selat Sunda yang memisahkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Airnya hijau kebiruan, jadi pengen nyebur

Bukit-bukit disekitar Pulau Sebuku
Memandang alam yang masih perawan
Pulau Sebuku ini merupakan pulau yang paling dekat untuk mengamati Anak Gunung Krakatau. Daya tarik Pulau Sebuku ini ada pada hamparan pasirnya, airnya yang berwarna hijau kebiruan, garis pantainya yang landai dan dikelilingi perbukitan yang hijau menjadikan Pulau Sebuku makin menarik untuk dijelajahi.

Pulau Sebuku merupakan pulau tak berpenghuni dan sudah sangat popular dengan wisata baharinya, waktu itu ramai juga pantai ini dikunjungi. Disini mata kita memang dimanjakan dengan panorama Pulau Sebuku. Sebagian orang-orang melakukan kegiatan snorkeling ataupun memandang-mandang Anak Gunung Krakatau dari kejauhan. Jangan lupa untuk mengabadikan momenmu di Pulau ini lewat sebuah kamera.

Abadikan setiap momenmu lewat sebuah kamera

Santai sejenak di Pulau Sebuku

Behind the scene untuk mengambil foto terbaik :D
Seru-seruan begini bersama sahabat baru

b. Pulau Cemara

Setelah dari Pulau Sebuku, kapal kami pun melanjutkan ke Pulau Cemara. Seperti halnya dengan Pulau Sebuku, jarak dari Pulau Sebuku ke Pulau Cemara tidaklah terlalu jauh kira-kira sailing selama 15 menit.

Di Pulau Cemara, kapal kami tidak bersandar di bibir pantai tapi kapal kami berhenti ditengah-tengah laut dekat dengan bibir pantai Cemara. Disini, kami akan melakukan kegiatan snorkeling.

Jika di Pulau Sebuku merupakan pulau tak berpenghuni, lain halnya dengan Pulau Cemara masih terlihat beberapa rumah yang berada di Pulau Cemara.

Snorkeling di Pulau Cemara

Atau floating-floating di Pulau Cemara

Banyak juga pengunjungnya

Masih ada beberapa rumah diPulau ini

c. Pulau Sebesi.

Pulau terakhir yang akan kami kunjungi sekaligus di Pulau ini juga kami akan bermalam. Pulau Sebesi ini terletak di wilayah desa Tejang masih di Lampung Selatan.

Banyak yang bilang kalau Pulau Sebesi ini saudaraan dengan Pulau Sebuku, mungkin karena letaknya yang berdekatan dengan Anak Gunung Krakatau. Bedanya Pulau Sebesi ini adalah pulau berpenghuni sedangkan Pulau Sebuku tidak.

Pulau Sebesi ini juga pernah menjadi saksi kedahsyatan meletusnya Anak Gunung Krakatau tahun 1883, dimana banyak penduduk di sekitar Pulau Sebesi menjadi korban.  Dan sekarang Pulau Sebesi ini menjadi subur dan banyak penduduknya yang mendiami Pulau Sebesi ini.

Sumber : www.google.com

Gunung yang ada di Pulau Sebesi
Di tengah-tengah Pulau Sebesi berdiri gunung yang gagah, saya kurang paham nama gunung itu, tapi sempat saya bertanya dengan seorang bapak yang mengurus homestay kami, kalau gunung tersebut belum dibuka untuk umum.  Next time mungkin akan dibuka, penasaran saya ingin mengeksplore gunung tersebut.

Di Pulau Sebesi hanya ada beberapa homestay yang disewakan lainnya lebih banyak rumah penduduk. Ada yang dari homestay yang bagus sampai homestay yang biasa tersedia disini.

Anak-anak lokal disini senang bermain kano menghabiskan waktu sorenya

Pemandangan di depan homestay kami :)

Homestay kami menginap {Sumber : www.google.com}

Jika anda yang penat dengan rutinitas pekerjaan kantor, kuliah, skripsi atau yang galau dengan cinta, obat yang ampuh untuk menghapus semuanya yaitu travelling. Mau travelling yang murah, atau mau travelling tapi gak ada teman untuk diajak, atau mau punya teman baru, ini saya kenalin jasa Open Trip yang sudah tidak diragukan pengalamannya FUNPACKER dijamin setelah trip kalian mendapatkan pengalaman baru, teman, dan satu lagi siapa tau dapat jodoh, hehe