Mencicipi Lemang khas kota Tebing Tinggi

By CERITA WINNIE BLOG - January 05, 2015

Jika kita berkunjung ke kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara maka disepanjang jalan banyak ibu-ibu yang menjajakan Lemang. 

Kota Tebing Tinggi merupakan kota kecil yang berada di Sumatera Utara. Jika dari Bandara Kualanamu, kita bisa ke kota Tebing Tinggi dengan menempuh perjalanan sekitar 2-2,5 jam. Nah kota Tebing Tinggi itu terkenal dengan kulinernya yang bernama Lemang.

Saya pikir Lemang itu cuma hanya di kota Padang doank. Ternyata saya salah. Justru Lemang berasal dari kota Sumatera Utara. Dan kota Tebing Tinggi dijuluki sebagai kota Lemang karena kelezatannya yang gurih dan manis.

Waktu itu, saya dan bersama orang tua saya (Bapak sama Mama) mau menuju kota Medan untuk bertemu sanak saudara di Medan dari Siantar dengan melewati kota Tebing Tinggi. Sesampai di kota Tebing Tinggi ini, saya melihat banyak kedai-kedai di pingir jalan yang menjual Lemang. Lemang-lemang itu sangat menggoda karena aromanya sangat tercium dimana-mana. Karena saya penasaran, saya minta berhenti sebentar untuk membeli Lemang sebagai oleh-oleh untuk saudara saya yang di Medan.

Kebetulan saat saya hendak membeli ada beberapa batang lemang yang memang baru saja di angkat dari pembakaran. Kata ibu penjual lemang, "mumpung masih hangat kak, dicoba dulu" langsung saya sumringah dan ibu itu memotongnya. Kalau saya bandingin Lemang yang biasa saya coba di daerah Senen, Jakarta. Lemang Tebing Tinggi ini rasanya lezat, gurih dan rada manis. Lemang yang saya coba kali ini adalah Lemang Ajo. Kata penjualnya, Ajo ini singkatan dari Asli Jowo. Mungkin Lemang ini merupakan perpaduan Lemang Sumatera dan Jawa, hehe

Lemang Ajo khas kota Tebing Tinggi
Lemang di sini bisa disajikan dengan temannya yaitu selai. Ada banyak varian selai yang disajikan, ada selai srikaya atau selai kacang. Ada juga selai buah-buahan biasanya selai durian lebih banyak dipilih orang. Kalau saya sukanya langsung makan lemangnya aja tanpa disajikan dengan selai karena lemangnya aja pun sudah gurih dan lezat. 

Harga yang ditawarkan untuk satu batangnya berkisar antara Rp.15.000,- sd Rp.20.000,- (bisa ditawar) tapi kalau bisa ga usah di tawar guys soalnya memang harga tidak membohongi rasa :)

Lemangnya sangat mengguggah selera
Gak berasa udah 3 potong lemang kecil-kecil saya makan, perut pun sudah kenyang waktunya saya melanjutkan perjalanan menuju kota Medan. Gak lupa saya beli buat saudara di Medan.

Kalian kalau ke Tebing jangan lupa mencicipi Lemang Ajo ya :))

Enjoy my blog


Salam 


Winnie







  • Share:

You Might Also Like

0 Comments