Itinerary 7 Hari Jalan-Jalan di Myanmar - Bagan dan Yangon (Beserta Budgetnya)

By CERITA WINNIE BLOG - February 23, 2020

Liburan ke Myanmar bisa di bilang liburan yang tidak disengaja karena awalnya memang nggak berniat mau ke Myanmar, niat awalnya ingin ke negara Vietnam tapi karena tiket Jakarta - Vietnam mahal bingittt eh berpindah haluan cari tiket ke negara lain *anaknya gitu gak mau menyerah.

Dari hasil pencarian menemukan tiket murah naik Malindo Jakarta - Kuala Lumpur (transit) - Yangoon dengan harga 500-an. Kurang tau sih ini termasuk murah atau gak? 😂

Di tulisan ini gue mau memberikan itinerary due selama 6 hari. Disini gue melakukan perjalanan ke dua kota besar yang ada di Myanmar, yatu Bagan dan Yangon.

ITINERARY 7 HARI DI MYANMAR

Day 01

Jakarta - Kuala Lumpur -Yangoon

Hari pertama tiba di Yangoon International Airport itu sekitar jam 11 malam, kelar dari urusan perimigrasian yah sekitar jam 12 malam maka hari pertama ini saya nggak kemana-mana dan langsung istirahat.

fyi, hari pertama saya dan temanku memutuskan untuk bermalam di bandara.

Day 02

Yangon - Bagan

Hari kedua langsung dari Yangon International Airport kami lanjut menuju Bagan. Perjalanan ke Bagan membutuhkan waktu 10 jam dari Yangon. Perjalanan ke Bagan saya menggunakan bus lokal Myanmar yang sudah saya reservasi dari Indonesia.

Kami tiba di Bagan sekitar jam 06 sore dan selama di Bagan saya menginap di Nova Bagan Guest House.

Day 03
Bagan

Di hari ini saya sudah berangkat subuh-subuh karena berencana untuk melihat balon terbang dan sunrise. Siangnya kami akan mengunjungi beberapa candi yang ada di Bagan.

Balon Udara, Keliling Candi di Bagan

Baca Selengkapnya :

salah satu pengalaman yang sangat luar biasa bisa lihat Balon Udara di negara orang

Day 04
Bagan

Nggak terasa ini hari terakhir di Bagan, tapi sebelum check out saya mampir ke Pagoda yang sangat terkenal di Bagan dan nggak jauh dari hotel kami menginap namanya Lawkananda Pagoda

Malamnya, kami akan berpindah ke Yangon dengan naik bus selama 10 jam.

Lawkananda Pagoda

dancing in front of Lawkananda Pagoda

Day 05

Yangon

Kembali ke Yangon, hari ini rencananya saya akan menjelajah kota Yangoon seharian. Kami kemana-mana menggunakan Grab Car Myanmar yang murah meriah. Saya paling takjub saat saya mengunjungi area Downtown Yangoon, dan mengunjungi Pagoda terbesar di Yangon "Shwedagon Pagoda".

Hari pertama di Yangoon, saya menginap di City Hotel Yangon (New Aye Yar)

Shwedagon Pagoda, Downtown Yangon, Sule Pagoda

Day 06

Yangon

Hari ini saya mengunjungi St Mary Cathedral - tempat ini direkomendasikan oleh manager tempat kami menginap katanya gereja ini pernah di singgahi oleh Paus Fransiskus dari Vatikan tahun 2017 yang lalu. Setelah itu lanjut explore Bogyoke Market

Di hari ini juga saya pindah hotel menjadi hostel murah yang letaknya nggak jauh dari Bogyoke Market.

St. Mary Cathedral, Bogyoke Market

Day 07

Yangon - Bangkok

Hari terakhir dan pagi sekali saya sudah harus berangkat ke bandara, karena memang flight kami hari ini sangat pagi sekali dan perjalanan saya di Myanmar berakhir sudah. Namun kami bukan terbang ke Jakarta tapi ke Bangkok. Liburan kami belum usai tapi masih lanjut liburan ke Bangkok.

*****

RINCIAN BUDGET SELAMA DI MYANMAR

Untuk Rincian Budget menurutku tiap orang itu tipenya beda-beda ya untuk kebutuhan jalan-jalannya, ada yang sangat backpacker alias low budget tapi ada juga ya memang ingin low budget tapi nggak low-low banget (seperti saya) 😁  tapi ada juga ya emang ingin jalan-jalan kemana-mana naik taksi, menginap di hotel Bintang 5, dan sukanya makan di restoran-restoran.

Kalau kalian yang sudah pernah baca tulisan-tulisan perjalanan saya sebelumnya pasti tau tipe gaya jalan-jalan saya seperti apa, saya lebih suka kemana-mana jalan kaki, naik MRT, tapi sesekali naik taksi juga. Untuk penginapan saya lebih suka yang sedikit murah tapi nggak murah-an banget ya, hihi

Kalau tipenya sama dengan saya, boleh contek Rincian Budget saya 😉

Keterangan :

1. MYR (MMK) adalah pecahan KYAT (mata uang Myanmar) sedangkan IDR adalah Rupiah (Asmusi 1 MMK = 10 IDR)

2. Perhitungan rinciang budget "IDR" untuk 2 orang (2 pax)

3. Perhitungan rincian budget "IDR Per Orang" untuk 1 orang (1 pax)

4. Perjalanan ini dilakukan pada Bulan Januari 2020

Masih ada cerita yang lainnya juga ya ......