PERSIAPAN SEBELUM TRAVELING KE MYANMAR

By CERITA WINNIE BLOG - February 23, 2020





Memang bagi orang-orang Indonesia, jalan-jalan ke Myanmar adalah hal yang langka. Bahkan sebelum gue berangkat aja, gue bilang gue mau ke Myanmar nih next trip, mereka semua cuma bilang "ahh memang ada apaan di sana? kok lu kepikiran buat kesana? emang bagus yaak, mending ke blaa..blaa..blaa"

Gue pun sempat kepikiran seperti itu sih 😁

Bagus gak sih Myanmar? Ada apa aja sih disana? Yang menarik disana apa ya? *mikir keras

Tapi setelah saya pulang liburan dari Myanmar, jujur gue sesuka itu sama negara ini. Gue cuma mau bilang "Kalian Wajib Memasukkan Myanmar ke List Perjalanan Kalian Karena Seunik Itu Negaranya"

Gue bakal lebih dalam lagi membahas Negara Myanmar soalnya suka banget dan pengen racuni teman-teman pembaca aja buat kesana. 

Kali ini mau membahas persiapan-persiapan apa aja sebelum jalan-jalan ke Myanmar cocok neh buat yang baru pertama kali ke Myanmar :


1. Cari Tahu Dulu "The Highlight of Myanmar"

Tiap tiap negara pasti ada yang menjadi "highlight" dari negara tersebut yang menjadi daya tarik wisatawan dari luar. Nah kalau di negara Myanmar, apa yang bisa kita temui saat jalan-jalan ke Myanmar.

Salah satu yang paling menarik di Myanmar itu adalah PULUHAN PAGODA/TEMPLE dan BALON TERBANG.

Tapi sebenarnya untuk negara Myanmar, ada 4 kota yang terkenal dan biasanya paling banyak dikunjungi. Apa aja cek dibawah :

1. Yangon 

Kota Yangon ini dulunya adalah ibukota Negara Myanmar namun pada tahun 2006 ibukota Myanmar berpindah Naypyidaw. Yangon merupakan kota terbesar di Myanmar. Highlight dari kota ini adalah Shwedagon Pagoda dan Sule Pagoda. Shwedagon Pagoda merupakan pagoda yang paling besar dan megah dan digadang-gadang menjadi icon nya Negara Myanmar 



Shwedagon Pagoda


2. Bagan

Untuk Bagan sendiri ada dua yang menjadi highlight nya, Bagan itu terkenal dengan temple-temple kuno dan balon terbang.

Dan rata-rata para traveler di berbagai dunia selalu memasukkan Bagan ke dalam daftar list perjalanan mereka, jadi bisa di bilang Bagan - one of the reasons you have to come to Myanmar.




3. Mandalay

Mandalay adalah kota kecil yang letaknya gak terlalu jauh dari Bagan. Jadi bisa neh abis dari Bagan langsung cus ke Mandalay (kalau ada waktu banyak).

Apa aja yang bisa dilihat di Mandalay, kata orang sih di Mandalay pagoda-pagodanya sedikit berbeda dan lebih cantik, sayang aku kemarin gak sempat mengunjungi. 

Tapi menurut review beberapa traveler yang sudah ke Mandalay, must visit. Oke next trip yaa 😁

Source image : google.com

4. Inle Lake

Kalau ini lebih beda lagi, yang terkenal bukan pagoda tapi danau yang indah dan biasanya disini kita bisa melihat atraksi pencari ikan menangkap ikan dengan metode yang unik.

Nah kalau sudah mengetahui Highlight nya dari negara Myanmar kita bisa membayangkan mau kemana aja nanti saat traveling ke Myanmar.

source image : google.com



2. Waktu Terbaik Mengunjungi Myanmar

Sebelum pergi jangan lupa untuk searching waktu terbaik untuk mengunjungi negara Myanmar. Nah waktu terbaiknya menurutku pada saat bulan November - Januari dimana udara Bagan lagi sejuk-sejuknya, langit juga cerah, dan nggak panas.

Tapi jangan pernah datang di bulan Maret - Mei karena negara Myanmar sedang terik-teriknya termasuk kota-kota lainnya yang ada di Myanmar saking teriknya bisa mencapai 40 - 43 derajat, jadi hindari datang di saat bulan tersebut kalau nggak mau dehidrasi.

Sedangkan di bulan Agustus - September sangat dihindari karena di Myanmar sedang musim hujan dengan curah hujan tinggi. Bulan Juni - Juli juga musim hujan tapi curah hujan tidak terlalu tinggi.

Namun, di bulan April di Yangon ada Festival Thingyan dan biasanya bulan April sedang ramai-ramainya.

Dan untuk kota Bagan, di bulan November - Maret banyak balon terbang berseliweran di atas-atas temple.



3. Research Tiket Pesawat 

Nah kalau sudah tau tujuannya langsung deh bisa book tiket pesawat. Kalau bisa research dulu, cari tiket promo biar nggak nyesek-nyesek banget gitu.

Tiket pesawat Jakarta - Myanmar rata-rata di buka harga biasanya 700an untuk sekali jalan tapi aku kemarin data harga 500an. Lumayan kan?

Nah sering banget yang nanya ke gue, termasuk orang-orang terdekat kok bisa sih lu dapet harga tiket segitu? Tipsnya gimana?

Tipsnya : pantengin terus situs travel seperti traveloka, tiket.com, pegipegi kalau lagi ada promo langsung book!!


4. BUAT ITINERARY

Setelah itu langsung deh buat itinerary perjalanan, kalau mau nyontek itinerary gue bisa cek di link bawah.

5. SEARCHING PENGINAPAN


Kalau sudah buat itinerary maka kamu sudah putuskan akan kemana tujuan kalian, pilihlah penginapan yang sesuai budget kalian masing-masing. 




6. Tiket Bus Antar Kota

Ini penting sih menurutku, karena di Myanmar itu kan bagusnya ya kota-kota yah seperti Bagan, Mandalay, dan Yangon. Nah jarak antara Yangon - Bagan atau Yangon - Mandalay atau Mandalay - Bagan itu nggak dekat ya guys. butuh waktu sekitar 10 jam, 8 jam.

Jadi harus persiapkan juga tiket bus antar kota, kalian bisa booking online kaya gue kemarin. Bookingnya bisa lewat web resmi Negara Myanmar atau langsung booking di web operator bus lokal Myanmar. 

Gue sangat rekomendasikan operator JJ Express - operator ini paling sangat digemari oleh kalangan traveler dan gue sudah mencobanya dan ini worth it banget. Tinggal klik  link ini https://jjexpress.net untuk pemesanan



7. Money (lembaran Kyat)

Nah kalau sudah di point 1-6 sudah di jalankan waktunya tuker duit ke mata uang Myanmar. Nama Mata Uang Myanmar adalah Kyat tapi orang Myanmar menyebutnya Ciat.

Menurut informasi dari beberapa travel blogger yang sebelumnya sudah pernah traveling ke Myanmar, mereka beberapa ada yang menulis kalau mata uang Myanmar itu tidak tersedia di money changer di Indonesia. Makasih infonya...

Maka solusinya, harus menukar ke dollar dulu nanti saat sampai di Yangon baru tuker ke Kyat.

Kemarin aku dapat rate 100 dollar = 143.900 kyat, ini tergolong lumayan banget rate nya di banding kita tuker Rupiah ke Kyat.

Rupiah ke Kyat = 10 perak.




8. Passpor

Kalau ini mah kudu wajib ya, namanya Myanmar masih termasuk ASEAN maka tidak menggunakan Visa untuk berpergian ke Myanmar. Cukup passpor aja!


9. Modem or SimCard

Kalau ini sedikit penting tapi bisa di lakukan saat sudah traveling di Myanmar. Antara SIMCARD atau MODEM, aku kemarin lebih memilih beli SIMCARD saat di Bandara Yangon.

Harga 4000kyat (setara 40.000rupiah) sudah dapat 4GB untuk 7 hari.

Ini tergantung pilihan sendiri tapi aku kemarin pilihanku memilih Simcard karena menurutku jauh lebih murah. 





10. Colokan/Adaptor

Untuk colokan di Myanmar nggak perlu bawa universal adaptor karena colokan di Indonesia dengan colokan di Myanmar sama tipe nya yaitu tipe C.

Jadi nggak perlu repot-repot bawa universal adaptor.



11. Download Rome2rio Aplikasi di Play Store

Sebelum melakukan perjalanan ke Myanmar, menurutku penting untuk download rome2rio yang tersedia di play store.

Fungsinya apa sih?

Rome2rio - ini semacam google maps gitu. Jadi di google maps sendiri tidak tersedia panduan transportasi apa aja di Myanmar termasuk Yangon cuma yang terlihat harga Grab Car.

Tapi kalau kita menggunakan Rome2rio maka akan terlihat panduan tranportasi mulai dari naik bus apa dan turun dimana  sekaligus harganya juga ada.

Ini cocok sih buat yang backpackeran dan mau merasakan naik bus umum di Myanmar.




Penggunaan rome2rio dari Sule Pagoda ke Shwedagon 

Kalau poin 1 s/d 10 sudah di penuhi maka kita sudah siap buat explore Myanmar. Yayy!!!


Happy Holiday, guys!!


Winnie

FOLLOW ME 





  • Share:

You Might Also Like

0 Comments