Pengalaman Bermalam di Bandara Haneda - Japan Trip Day 1

By CERITA WINNIE BLOG - June 03, 2019

Masih ada sisa-sisa cerita perjalananku di Tokyo, walau agak lama nulis nya tapi semoga bermanfaat ya. Kali ini mau cerita tentang bagaimana pengalaman pertamaku tidur selonjoran di Bandara Haneda, Tokyo.

Lha kok tidur di Bandara? emang gak sewa hostel atau hotel gitu? iya guys, hari pertama memang sedikit tricky waktunya sehingga gue dan teman-teman musti memustukan untuk tidur di bandara aja. Begini ceritanya...

Untuk hari pertama di Jepang, bisa dibilang sepanjang hari hanya dihabiskan di aiport dari mulai Bandar Udara Soekarno Hatta, Bandar Udara KLIA2 di Malaysia untuk transit, dan Bandar Udara Haneda, di Tokyo. Karena rute kami adalah Jakarta- Kuala Lumpur, Kuala Lumpur - Haneda dengan waktu tempuh 13 jam. Dimulai dari pesawat kami yang take off jam 08.30 dari Cengkareng dan sampai di KLIA2 jam 11.35,  dan bakal terbang lagi dari Kuala Lumpur jam 14.20 (waktu Malaysia) dan seharusnya kami sampai di Bandara Haneda jam 22.30 (waktu Jepang).

Namun karena ada kendala pada cuaca waktu di bandar udara Kuala Lumpur, maka pesawat kami baru bisa take off jam 16.00 dan sampai di bandar udara Haneda sekitar jam 23.00 waktu Jepang.

Lumayan panjang kan perjalanan kita...

Singkat cerita...jam 24.00 waktu Jepang, kami baru selesai keluar dari pemeriksaan imigrasi dan custom. Di saat itu, teman ku Jojo bilang "kayanya kita menginap di Bandara aja deh soalnya pasti susah untuk cari kendaraan di luar dan kalaupun ada pasti musti naik taksi, kan mahal banget tarif taksi di Tokyo. Dan belum lagi hotel yg kita sudah booking apa mungkin masih buka receptionisnya dan bla bla bla....

Sekedar info, kami memang sempat memesan hotel untuk dihari pertama sebenarnya untuk jaga-jaga takut kalau ditanya oleh pihak imigrasi saat dilihat itinerary kami dan hari pertama kita gak ada cantumin nama hotel (ini semua akibat baca susahnya masuk Jepang untuk wisatawan Indonesia) namun kami ambil hotel yang tertera "free cancelation" karena kami suda ancang-ancang takut bakal sampai di Tokyo terlalu larut ya seperti saat ini. Dan akhirnya hotel pun sudah kami cancel sedari tadi.

Counter Imigrasi di Bandara Haneda, belum ramai tapi gak berapa lama ramai :D

let's selfie, at the first time arrive *muka bantal semua
Dan jadilah kami sepakat untuk bermalam di Bandara, tapi sebelum itu kami mau keliling-keliling bandara melihat situasi di dalammnya takutnya bandara ini gak boleh buat wisatawan tidur intinya sih takut kena pemeriksaan security aiport. Sepanjang kami melihat keadaan, ternyata ada juga beberapa warga lokal yang tidur bahkan ada juga orang Korea yang juga duduk-duduk sambil sebelahnya tidur disampingnya. Yah menurut ku, so far aman ya untuk tidur di Bandara Haneda ini

Tapi kami bertiga selain melihat keadaan untuk tidur sebenarnya kami juga pengen cari restoran yang masih buka.. hihi, soalnya kami bertiga laparrr cyinnn..

Maklumlah bandara Haneda ini dingin euy dan kami besok pagi-pagi belum tentu bisa sarapan karena pagi-pagi sudah harus cau alias pergi. Perut pun sudah bergejolak euy, dan beruntungnya di Bandara Haneda ini masih ada beberapa restoran yang buka 24 jam. Lumayan kan aman buat kamu yang tidur di Bandara ini nggak bakal takut kelaparan dan Yoshinoya menjadi pilihan penutup makan malam kami.

cantik banget ya suasana bandaranya
Satu hal yang aku suka di negara Jepang, semuanya serba canggih dan kemarin kutemukan saat baru mendarat di bandara. Yang salah satunya adalah "toilet orang Jepang ini yang super canggih dan keren" two tumbs deh buat negeri ini

"Nah buat yang pertama kali ke Jepang terus terjebak dengan waktu tiba yang kemalaman banget nggak usah kuatir guyss, kamu bisa ambil pilihan menginap di Bandara ini lumayan kan menghemat biaya penginapan, tapi inget ya hanya dalam keadaan mendesak"
Pelajari tombol-tombol ini sebelum ke toiletnya Jepang

***************

FASILITAS YANG ADA DI BANDARA HANEDA YANG BISA BIKIN KAMU GAK BOSEN

ada restoran cepat saji yang buka 24 jam
1. ada juga observatorium area yang bisa kamu manfaatin untuk mengisi waktu aja
2. selain itu, rata-rata toilet di Bandara kan bersih dan wangi apalagi bandara Haneda
3. ada juga toko souvenir yang bisa kamu jadikan pilihan untuk sekedar cuci mata biar gak
    bosen (tp sepertinya ini tidak 24 jam)

***************

Salam dari kami *Japan Squad*

Bersambung di postingan selanjutnya.. .